logo

Jambret Kalung Tewaskan Pengendara Motor

 Jambret Kalung Tewaskan Pengendara Motor

Foto : Istimewa
17 Mei 2021 09:31 WIB
Penulis : Andira

SuaraKarya.id - MOJOKERTO: Seorang pengendara motor tewas dan istrinya terluka parah saat kendaraan yang ditumpanginya, ditabrak kawanan jambret yang sedang berusaha kabur dari kejaran massa. Insiden melibatkan tiga kendaraan itu terjadi di jalan Raya Dusun/Desa Ngembeh, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto.

Menurut Kasat Reskrim Polres Mojokerto, AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo, kedua pelaku sudah langsung diamankan petugas kepolisian. "Barang bukti yang diamankan berupa kalung emas, tiga sepeda motor milik korban dan pelaku, sebuah ponsel, dan 2 dompet milik kedua pelaku penjambretan," ujarnya, Senin (17/5/2021).

Kronologi kejadian bermula saat dua jambret Abd Rosyid (20) dan Nur Wijayanto (29) yang sama-sama warga Desa Sebani, Kecamatan Pandaan, Pasuruan itu membuntuti  Siti Aliyah (53) yang sedang dibonceng putranya, Ariyanto (29) pada Minggu (16/5/2021) pukul 10.30 WIB. Warga Desa Gedangan, Kecamatan Kutorejo, Mojokerto itu tidak sadar bahwa kalung yang sedang dikenakannya itu sedang diincar kedua pelaku.

Saat situasi dianggap aman, kedua pelaku yang mengendarai sepeda motor Suzuki Satria FU warna hitam tanpa pelat nomor itu memepet motor korbannya. Motor yang dikendarai Ariyanto itu langsung terjatuh saat kawanan jambret itu menarik paksa kalung yang sedang dikenakan ibunya.

Tak mau menyerah begitu saja, Ariyanto bangkit dan mengejar kawanan yang langsung tancap gas. Aksi pengejaran itu membuat kedua pelaku panik.

Saat menghindari sebuah mobil yang hendak menyebrang, korban banting stir ke kanan dan adu muka dengan sepeda motor dari arah berlawanan. Kerasnya benturan menyebabkan sepeda motor Yamaha Mio Soul W 5610 OC yang dikendarai pasangan suami-istri Kohar dan Solati itu terpental.

Tak lama kemudian, Ariyanto yang tiba di lokasi kejadian langsung menabrakkan kendaraannya ke arah pelaku. Warga yang berada di sekitar lokasi kejadian langsung memberi pertolongan kepada para korban.

Tapi setelah diberitahu bahwa yang terlibat kecelakaan itu merupakan pelaku jambret, warga berbalik menghajar kedua pelaku. Salah satu pelaku yang masih membawa kalung milik korban Siti Aisyah sempat berusaha kabur, tapi berhasil diringkus warga yang marah.

Tabrakan melibatkan tiga sepeda motor itu menyebabkan Kohar meninggal dunia dan istrinya Solati terluka parah. "Jadi ada tiga motor yang terlibat tabrakan, milik pelaku dan korban jambret serta korban kecelakaan yang tadi ditabrak,” ujarnya.

Usai kejadian, Solati langsung dilarikan ke RS Sido Waras karena menderita luka berat. Sementara pemilik kalung Siti Aliyah yang terluka saat jatuh ketika dijambret pelaku, juga harus menjalani perawatan RSI Sakinah, Kecamatan Sooko, Mojokerto.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto