logo

Liga Spanyol: Atletico Dan Real Madrid Bertarung Sampai Akhir

Liga Spanyol: Atletico Dan Real Madrid Bertarung Sampai Akhir

Foto: Istimewa.
17 Mei 2021 05:14 WIB
Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - JAKARTA: Setelah tersingkirnya Barcelona dari persaingan perebutan gelar juara La Liga Spanyol, kini tinggal dua tim yang berpeluang menjadi juara Liga Spanyol, yakni Atletico dan Real Madrid.

Hasil laga pekan ke-37 mengubah peta kekuatan di klasemen. Atletico Madrid tetap memimpin dengan nilai 83, disusul Real Madrid dengan poin 61. Di tempat ketiga Barcelona tetap dengan nilai 76 usai ditekuk Celta Vigo pada laga Minggu (16/5/2021) malam.

Madrid butuh kemenangan saat melawat ke markas Athletic Bilbao. Persaingan dengan Atletico Madrid dan Barcelona begitu ketat di dua pertandingan terakhir ini. Satu-satunya gol dalam pertandingan itu diciptakan oleh Nacho Fernandez di menit ke-68.

Menurunkan tim yang nyaris sama saat mengalahkan Granada beberapa hari lalu, Madrid cuma memainkan Alvaro Odriozola sebagai bek kanan. Fede Valverde menggantikan Toni Kroos yang absen di lini tengah.

Real Madrid bermain dominan sejak babak pertama dengan mengandalkan Rodrygo, Karim Benzema, dan Vinicius Junior, tetapi beberapa kali upaya penyerangan mereka selalu gagal. Ketatnya pertahanan Bilbao menjadi halangan bagi Madrid untuk mengubah penguasaan bola menjadi gol.

Pada menit ke-41, Madrid nyaris mencetak gol ketika Vinicius Junior memainkan umpan satu-dua di kotak penalti Bilbao, tetapi Unai Simon dengan sigap maju untuk menghadang bola.

Tim tuan rumah sempat mengancam Madrid di menit akhir babak pertama lewat sepakan Alex Berenguer, tetapi bola masih melebar dari gawang Courtois. Babak pertama berakhir tanpa gol .

Pada babak kedua, Bilbao coba mengambil inisiatif serangan di menit ke-50, sayangnya tandukan Jon Morcillo mampu ditepis oleh Courtois. Delapan menit kemudian, giliran Madrid mengancam lewat sepakan keras Modric. Namun, penjaga gawang Bilbao masih bisa menepis bola.

Kebuntuan akhinya pecah pada menit ke-68 ketika Madrid memimpin 1-0 lewat gol Casemiro. Berawal dari sepak pojok yang gagal dihalau dengan baik oleh pertahanan Bilbao, bola jatuh di kaki Rodrygo.
Rodrygo kemudian mengoper kepada Casemiro di sisi kanannya dan langsung melepaskan tembakan ke tiang jauh sebelum disontek Nacho Fernandez.

VAR sempat meninjau gol tersebut karena dugaan Benzema sudah terjebak offside, tetapi akhirnya disahkan.

Madrid menambahkan daya serang dengan menurunkan Eden Hazard menggantikan Rodrygo di menit ke-75. Namun, Bilbao justru terus menekan pertahanan tim tamu dalam upaya untuk menyamakan kedudukan.

Hingga pertandingan berakhir, tak ada lagi peluang tercipta dan Madrid tetap menang dengan skor 1-0 sekaligus menjaga persaingan juara La Liga hingga pekan terakhir.

Seperti dikutip Antaranewa, tambahan tiga poin membuat Madrid tetap menempel Atletico Madrid dengan selisih dua poin jelang pekan terakhir Liga Spanyol. ***