logo

Presiden Jokowi: Agresi Israel Ke Palestina Harus Dihentikan

Presiden Jokowi: Agresi Israel Ke Palestina Harus Dihentikan

Presiden Jokowi. (BPMI Setpres)
16 Mei 2021 22:57 WIB
Penulis : Pudja Rukmana

SuaraKarya.id - JAKARTA: Indonesia mengutuk keras serangan Israel ke Palestina  yang telah merenggut ratusan korban jiwa, termasuk perempuan dan anak-anak. "Israel aggression must be put to a stop (Agresi Israel harus dihentikan),” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam cuitan di akun Twitter resminya, @jokowi, Sabtu (15/05/2021).

Perkembangan situasi di Palestina merupakan salah satu isu global yang terus menjadi perhatian dunia. Presiden Jokowi pun dalam beberapa hari terakhir aktif melakukan komunikasi dengan sejumlah pemimpin negara sahabat untuk mencarikan solusi terbaik dalam menyikapi krisis Israel-Palestina.

“Dalam beberapa hari terakhir, saya berbicara dengan Presiden Turki, Yang Dipertuan Agong Malaysia, Perdana Menteri Singapura, Presiden Afghanistan, Sultan Brunei Darussalam, dan Perdana Menteri Malaysia,” ujar Presiden Jokowi pula dalam lanjutan cuitannya.

Diungkapkan Kepala Negara, dalam pembicaraannya dengan sejumlah pemimpin dunia tersebut, selain soal kondisi warga Palestina di Jalur Gaza, dibahas juga sejumlah isu global lainnya.

“Kami berbicara tentang perkembangan global, meliputi  tindak lanjut Pertemuan Pemimpin ASEAN (ASEAN Leaders’ Meeting - ALM), perkembangan di Afghanistan, dan situasi yang sangat mengkhawatirkan di Palestina,” ujar Presiden Jokowi.

Sebelumnya Presiden Jokowi mengecam aksi kekerasan Israel terhadap warga Palestina. Warga Palestina tersebut diusir secara paksa oleh pasukan Israel dari Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur.

Jokowi menyinggung mengenai tindakan kekerasan yang dilakukan terhadap warga sipil Palestina di Masjid Al-Aqsa. "Indonesia mengutuk tindakan tersebut dan mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan terhadap pelanggaran yang terus dilakukan Israel," ujar Jokowi dalam pernyataan resmi yang dikutip melalui akun twitternya, @jokowi, Senin (10/5/2021).

Jokowi menegaskan posisi Indonesia yang akan terus mendukung warga Palestina. Hal tersebut ditegaskan Kepala Negara Republik Indonesia sebagai keberpihakan yang jelas kepada rakyat Palestina. ***

Editor : Pudja Rukmana