logo

Hadapi Arus Balik, Polsek Pamulang Siapkan Petugas Tes Antigen Pemudik

Hadapi Arus Balik, Polsek Pamulang Siapkan Petugas Tes Antigen Pemudik

Istimewa.
15 Mei 2021 16:07 WIB
Penulis : B Sadono Priyo

SuaraKarya.id - TANGSEL: Di sejumlah tempat di Bekasi ditemukan spanduk,   pemudik diminta melakukan tes swab antigen sekembalinya dari kampung halaman. Misalnya di Jati Asih warga setempat memasang spanduk "Kami warga Jatibening menolak pemudik tanpa tes Swab/ Antigen!" Kemudian "Warga Jati Melati menolak pemudik tanpa tes Swab/ Antigen"!

Tak ingin terjadi pemaksaan oleh sesama warga, Polsek Pamulang berinisiatif menyiapkan tempat pemeriksaan swab/antigen dan menyilahkan warganya melakukan isolasi mandiri.

Kapolsek Pamulang Komisaris Pol Sudjarwo mengatakan, pihaknya menyiapkan tim kesehatan (timkes) untuk merapid tes bagi pemudik yang memasuki wilayah Pamulang usai libur Idul Fitroi 1442 H.

Menurut  Sujarwo, pemeriksaan rapid tes atas atensi dari Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran untuk memastikan pemudik tidak terpapar wabah Covid-19 yang dibawa dari kampung halamannya.

“Agar para pemudik melakukan swab test dan isolasi mandiri selama 14 hari setelah pulang ke kampungnya masing-masing untuk berbagai kepentingan selain merayakan Hari Raya Idul Fitri 1442H,” kata Sujarwo, Sabtu (15/5/2021).

Selain itu, Sujarwo berterimakasih kepada warga Pamulang yang pada Idul Fitri tahun ini tidak melaksanakan mudik karena menjalankan instruksi pemerintah.

“Bagi warga yang tetap memilih tidak mudik sesuai aturan pemerintah maupun warga asli daerah tersebut sangat peduli akan kesehatan, keselamatan, kenyamanan lingkungannya terhadap pandemi Covid-19 yang terlebih lagi warga masyarakat dilingkungan tersebut telah melaksanakan berbagai usaha, dan upaya bersama instansi terkait warga dilingkungannya terbebas dari pandemi Covid-19,” ujar Sujarwo.

Mantan Kasubidpenmas, Bidang Humas Polda Metro Jaya ini mengatakan, Polsek Pamulang menggandeng pengurus RT/RW untuk mendata warga ditempat tinggalnya yang mudik.

“Pemudik ini wajib swab, dan isolasi mandiri agar para pemudik tidak menjadi agen virus penyebaran corona ini adalah mengoptimalisasikan PPKM Mikri dalam hal ini instansi terkait berikut semua perangkatnya termasuk pengurus RT/RW, Kelurahan, Gugus Covid-19, Kampung Tangguh Jaya harus berfungsi menangkal pemudik yang melakukan arus ilir,’ pungkas Sujarwo.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto