logo

Halalbilhalal, Gus Menteri Apresiasi Kerja Keras Para Kades

Halalbilhalal, Gus Menteri Apresiasi Kerja Keras Para Kades

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. (foto, ist)
15 Mei 2021 13:09 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menghadiri Halalbilhalal dengan para Kepala Desa (Kades) se-Indonesia secara virtual, dari Jakarta, Jumat (14/5/2021).

Gus Menteri, sapaan akrab Mendes PDTT, merasa senang dan berterima kasih atas kesediaan para Kades yang menyempatkan waktu menghadiri Halalbilhalal ini. Meski, sedang membimbing warga desa untuk berlebaran dengan patuhi Protokol Kesehatan (Protkes).

Gus Menteri mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah. "Semoga seluruh amal ibadah kita selama Ramadan ini diterima Allah SWT dan segala dosa-dosa kita diampuni," ujarnya.

Ada tiga hal yang mengisi totalitas ibadah selama Ramadan, yaitu 10 Hari Pertama kira diberikan Rahmat, 10 hari kedua kita diberikan pengampunan, serta 10 hari terakhir kita akan diberikan kebebasan dari Api Neraka. Gus Menteri memberi apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh Kades, yang bekerja keras melaksanakan pembangunan desa, yang berpihak kepada masalah yang dihadapi desa.

"Kita akan mudah deteksi masalah yang dihadapi warga karena kita miliki data yang konkret dan detail tentang desa," tuturnya.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada perangkat desa, pendamping desa, serta relawan pemutakhiran data desa, yang telah berupaya mendata secara detail dan konkret untuk kepentingan desa. Desa yang perencanaan pembangunan berbasis dengan SDGs Desa dan pemutakhiran data diyakini benar-benar bertumpu pada masalah yang dihadapi oleh warga desa.

"Ketika kita membangun di desa dengan data dan fakta yang ada, maka saya yakin dalam waktu yang tidak lama permasalahan yang dihadapi seperti kemiskinan, stunting, pendidikan dan kesejahteraan bisa teratasi," terangnya.

Gus Menteri juga sampaikan apresiasi kepada para Kades yang telah sukses menyalurkan dana desa sesuai dengan peruntukkannya dan aturan pemanfaatannya. Seperti Bantuan Langsung Tunai, Desa Aman Covid-19, serta Dana Deaa untuk Padat Karya Tunai Desa.

"Jika dilaksanakan maksimal maka saya yakin ekonomi Indonesia akan tumbuh," ujarnya.

Kemendes PDTT lanjutnya, bakal lakukan sejumlah perbaikan dan solusi jitu, agar penyaluran Dana Desa bisa lebih cepat dan tepat. Gus Menteri juga menyampaikan jika Peraturan Mendes PDTT tentang BUMDes telah selesai. "Tinggal menunggu Peraturan Menkumham soal proses registrasi," ujarnya.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto