logo

Tinjau Gudang Logistik, Mensos Katakan Gudang Logistik Perlu Cara Pengawetan

 Tinjau Gudang Logistik, Mensos Katakan Gudang Logistik Perlu Cara Pengawetan

Mensos Tri Rismaharini. (foto,ist)
12 Mei 2021 00:59 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - PALEMBANG: Gudang logistik perlu cara pengawetan. Sehingga, saat terjadi bencana bantuan, baik makanan maupun peralatan langsung bisa cepat dikirim dan dimanfaatkan.

Demikian dikemukakan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, saat meninjau gudang logistik di Jalan Lintas Sumatera Kecamatan Inderalaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan (Sumsel), Selasa (11/5/2021).

Seperti diketahui, dalam mengantisipasi bencana, Kementerian Sosial (Kemensos) menyiapkan gudang logistik, yang dilengkapi stok makanan dan peralatan. Dalam peninjauan itu, Mensos didampingi Bupati Ogan Ilir, Kepala BPBD Sumsel, Direktur PSKBA, SKM Bidang Media dan Komunikasi Massa.

Di wilayah Barat sendiri terdapat beberapa gudang logistik. Seperti di Kota Medan Sumatera Utara, Kota Padang Sumatera Barat, serta di Banda Aceh Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Gudang logistik tersebut menampung peralatan dalam menghadapi bencana, yakni perahu karet dan perlengkapan evakuasi yang biasa digunakan Taruna Siaga Bencana (Tagana). Gudang logistik juga menyimpang tenda darurat hasil rancangan Mensos, dari bahan terpal PVC yang bisa menurunkan suhu udara panas dan didesain antiangin.

"Sudah dicek model tenda darurat yang harus ada bolongan, agar ada tiang penyangga. Jadi jangan hanya lembaran terpal yang begitu saja,” ujar Mensos.

Dia mengemukakan, pengelolaan gudang logistik perlu ditata dengan baik, termasuk ribuan bahan makanan yang disusun rapi dan siap disalurkan secara cepat jika terjadi bencana.

Dia juga menekankan pengeloaan gudang logistik agar terintegrasi secara digital, yang bisa menampilkan data isi gudang dan tidak lagi dalam bentuk kertas.***

Editor : Markon Piliang