logo

Jokowi Ingatkan Kaum Muda 'Jangan Mudik Dulu!' Lewat Komik Kartun

Jokowi Ingatkan Kaum Muda 'Jangan Mudik Dulu!' Lewat Komik Kartun

Foto: Instagram.
11 Mei 2021 09:07 WIB
Penulis : Pudja Rukmana

SuaraKarya.id - JAKARTA: Hari Raya Idul Fitri 1442 H tinggal menghitung hari. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun beberapa kali sudah mengingatkan bahwa pandemi Covid-19 masih mengancam.

Oleh sebab itu, Presiden meminta warga masyarakat termasuk kaum muda agar mentaati kebijakan pemerintah terkait peniadaan mudik Lebaran 2021.

"Mari menahan diri demi keselamatan bersama," kata Presiden di akun pribadi Instagram-nya, @jokowi, Minggu (09/11/2021) lalu dilihat Suarakarya.id, Selasa (11/05)2021).

Akun Instagram Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo ID #MenujuIndonesiaMaju dikelola Tim Komunikasi Digital Presiden. Dilihat Suarakarya.id, sampai Selasa (11/05/2021) pagi, Instagram Jokowi diikuti 39,2 juta pengikut (followers) dengan jumlah unggahan foto sebanyak 2.571 postingan, 0 (mengikuti). 

Tampaknya Presiden menyadari benar bahwa Instagram-nya banyak diikuti oleh kaum milenial. Oleh sebab itu, dalam menyampaikan pesan lewat  postingan-postingannya pun selalu disesuaikan dengan tren yang sedang disukai kaum muda. 

Terakhir, salah satu postingan yang cukup menarik dikemas dalam bentuk cerita komik singkat dan berwarna. Substansinya berupa dialog dua sekawan, pemuda berbaju merah (M) dan rekannya berbaju biru (B). Keduanya asyik terlibat dialog tentabg mudik Lebaran di tengah  pandemi Covid-19 yang masih mengancam.

Kisah ceritanya sebenarnya sederhana dan biasa saja. Yang jelas, intinya untuk mengingatkan kaum muda agar mau menahan diri, tidak mudik dengan mengisi kegiatan di rumah masing-masing dan yang terpenting, patuh mentaati prokes (protokol kesehatan).

Yuk, kita simak komik Jokowi yang di-posting di Instagram-nya!

B: Ini beneran kita nggak boleh mudik lagi.

M: Ya gimana, kan masih pandemi.

B: Duh bosen tahu, mau jalan-jalan sama keluarga.

M: Mending mana? Bisa jalan-jalan bareng keluarga tapi terus jadi ada yang ketularan, sakit, terus malah meninggal.

B: Ih apaan sih, pertanyaannya kok gitu? Jangan nakut-nakutin ah!

M: Ya, bukannya nakut-nakutin. Kamu udah baca belum berita di India?

B: Ada apa memangnya di India?

MIndia itu kan sudah sempat turun angka kasus positif dan kematiannya. Sekarang melonjak, naik lagi.

Pemicunya karena kerumunan jutaan orang yang mengabaikan protokol kesehatan. India berubah jadi sumber penularan virus mutasi baru yang berbahaya.

B: Jadi, maksud kamu gimana?

M: Maksud aku, ini kejadian bisa juga di negara kita. Kan Idul Fitri identik dengan kumpul-kumpul, berkunjung ke kerabat, tetangga. Itu kan kerumunan..

Risiko tertularnya jadi tinggi. Aku juga kangen kumpul sama keluarga. Tapi kan kesehatan orangtua kita juga penting.

B: Benar juga sih.

M: Tahan dulu, kita berdoa semoga pandemi bisa segera mereda. 

Mending libur Lebaran kita main game online saja.

B: Wah bagus juga ide kamu!

Dari dialog ini, kemudian seseorang yang digambarkan sebagai Presiden Jokowi dengan baju putih kerjanya lengkap dengan pecis menghiasi kepalanya berpesan:

"Covid-19 masih mengancam. Jangan lengah! Tetap waspada!" kata Jokowi. "Tetap disiplin protokol kesehatan. Rajin cuci tangan, pakai masker, hindari kerumunan," ujarnya.

Sampai Selasa (11/05/2021) pagi, postingan cerita kartun Jokowi ini disukai 580.158 netizen dengan 24.490 komentar. ***

Editor : Pudja Rukmana