logo

Bandel Pulang Mudik, Ratusan Pemudik Diputar Balikan

Bandel Pulang Mudik, Ratusan Pemudik Diputar Balikan

Istimewa
06 Mei 2021 16:18 WIB
Penulis : B Sadono Priyo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Polda Metro Jaya (PMJ) telah memerintahkan 725 kendaraan putar balik, menyusul pemberlakuan larangan mudik pada 6 Mei 2021. Ratusan kendaraan tersebut disuruh balik   di dua titik penyekatan Jabodetabek, yakni di Gerbang Tol Cikarang Barat dan Gerbang Tol Cikupa.

"Data malam tadi dari pukul 00.00 sampai 05.00 di GT Cikarang Barat 317 kendaraan dengan 233 kendaraan pribadi dan 84 kendaraan umum," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi, Kamis, 6  (6/5/2021) siang.

Untuk di Gerbang Tol Cikupa adalah 408 kendaraan dengan rincian 359 kendaraan pribadi dan 49 angkutan umum. Selain memutar balik kendaraan, polisi juga menahan tiga mobil kendaraan karena hendak menyelundupkan pemudik.

"Ada dua travel dan satu truk yang diamankan (karena menyelundupkan pemudik)," ujar Sambodo.

Salah satu kendaraan yang ditangkap adalah satu truk sayur. Kendaraan itu ditangkap di KM 31 Tol Cikarang arah ke Cikampek saat menyembunyikan pemudik di antara tumpukan sayur.

Pelarangan mudik ini sebelumnya telah ditetapkan pemerintah mulai dari 6 - 17 Mei 2021. Pelarangan itu untuk mencegah penularan virus Covid-19 kepada warga di desa.

Sambodo mengatakan pihaknya telah menutup Jalan Tol Layang Mohammad Bin Zayed (MBZ) dari arah Jakarta ke Cikampek. Penutupan pihaknya lakukan di tiga titik.

"Mulai pukul 24.00 WIB malam, Jalan Layang Japek itu akan kami tutup yang dari arah Jakarta menuju ke Cikampek," Sambodo.

Penutupan ini, menurut Sambodo, dilakukan dalam rangka Operasi Ketupat Jaya 2021 yang salah satu sasarannya menegakkan aturan larangan mudik. "Untuk penutupan itu dari tiga arah. Yang dari arah Cikunir, kemudian dari arah Tanjung Priok dan dari Tol Kota di km 10," kata mantan Kapolres Banjar ini. ***

Editor : Gungde Ariwangsa SH