logo

Liga Italia: Panasnya Persaingan Perebutan Tiket Liga Champions

Liga Italia: Panasnya Persaingan Perebutan Tiket Liga Champions

Atalanta, tim yang sering bikin kejutan. (Foto: Istimewa).
04 Mei 2021 05:37 WIB
Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - JAKARTA: Liga Champions memiliki gengsi tersendiri bagi tim-tim papan atas di setiap negara Eropa. Oleh karenanya, masuk di jajaran empat besar klasemen akhir sebuah kompetisi adalah harga mati.

Persaingan yang cukup panas adalah di Liga Italia Serie A. Hingga kini baru satu tim yang benar-benar aman mendapatkan tiket Liga Champions, yakni Inter Milan yang sudah memastikan gelar scudetto tahun ini. Tiga tiket lainnya masih diperebutkan oleh lima tim di bawahnya.

Ironisnya, untuk memperebut tiket Liga Champions dengan empat laga tersisa ada di antara mereka yang akan saling bunuh. Pekan depan, Senin (10/5/2021) Juventus dan Milan akan menentukan nasibnya masing-masing "saling bunuh" di Allianz Stadium. Siapa yang menang, kansnya untuk mendapat tiket sangat besar.

Selain itu ada tim-tim kuda hitap seperti Atalanta, Napoli dan Lazio yang siap mengancam dan "meremukkan harga diri" mereka untuk tidak lolos ke kompetisi antarklub elite Eropa musim depan.

Atalanta, Juventus dan Milan saat ini berurutan menempati posisi kedua hingga keempat dengan mengoleksi nilai sama 69. Sedangkan di bawah mereka ada Napoli yang menguntit dengan 67 poin serta Lazio (64) yang mengantongi satu pertandingan tunda.

Bagi Juventus haram untuk kembali terpeleset, seperti yang sudah mereka tunjukkan beberapa kali musim ini. Karena di tiga laga selanjutnya mereka juga masih harus menghadapi Inter Milan, selain Sassuolo dan Bologna yang sama-sama berpotensi mengejutkan.

Pun demikian dengan Milan. Kegagalan meraih hasil positif di markas Juventus akan menjadi petaka bagi mereka karena bakal bertarung mati-matian melawan Torino dan Cagliari, belum lagi mereka juga bersua Atalanta pada pekan terakhir.

Atalanta sendiri punya peluang untuk mengamankan posisi mereka lebih cepat sebelum saling sikut dengan Milan pada pekan pamungkas. Pasalnya mereka akan menghadapi lawan yang relatif lebih ringan dalam tiga pekan ke depan, yakni versus dua tim kandidat degradasi, Parma dan Benevento, serta Genoa.

Napoli pun demikian, mereka berpeluang besar untuk merangsek ke empat besar dengan nyaman. Tidak ada lawan yang begitu berat bakal mereka jumpai dalam empat laga tersisa, hanya sekadar perlu memusatkan fokus lawan tim-tim kuda hitam seperti Spezia, Udinese, Fiorentina dan Hellas Verona.

Sama halnya dengan Lazio, yang kini di posisi keenam, tapi punya kans untuk melejit. Satu-satunya partai krusial akan mereka hadapi ketika meladeni perlawanan AS Roma dalam Derbi della Capitale pada 16 Mei mendatang.

Di atas kertas, seperti dilansir goal.com, mereka diprediksi bisa mengatasi perlawanan Fiorentina, Parma dan Sassuolo. Plus mereka juga memiliki keuntungan dengan belum memainkan laga tunda melawan Torino sehingga bisa menambah koleksi poin jelang akhir musim. Siapa siap, mereka dapat. ***