logo

Momen Kebersamaan Jokowi Dan Anies Tinjau Vaksinasi 

Momen Kebersamaan Jokowi Dan Anies Tinjau Vaksinasi 

Foto: YouTube Sekretariat Presiden.
03 Mei 2021 18:35 WIB
Penulis : Pudja Rukmana

SuaraKarya.id - JAKARTA: Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi pelaku usaha perdagangan di Grand Indonesia (GI) dan pusat perbelanjaan Thamrin City (TC), Senin (03/05/2021). Ikut mendampingi Presiden adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Sekretaris Kabinet (Setkab) Pramono Anung.

Kunjungan Jokowi dan Anies ke GI dan TC disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden. Tampak Jokowi, Anies, Menkes Budi dan Setkab Pramono berkeliling meninjau tempat vaksinasi pelaku usaha. Sesekali Presiden bersua dengan Gubernur Anies dan Menkes Budi. Jokowi juga sempat berbincang dengan warga yang sedang disuntik vaksin.

Dalam peninjauan di GI, Presiden Jokowi kembali mengingatkan seluruh masyarakat untuk tetap memakai masker dalam beraktivitas untuk mencegah penularan virus Covid-19. 

“Saya ingin terus mengajak kita semuanya untuk ke mana pun selalu, utamanya selalu memakai masker, memakai masker, memakai masker!” ujar Jokowi usai meninjau pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19 bagi para pelaku usaha perdagangan di Mall GI.

Sebelum meninjau vaksinasi massal di Mall GI, Presiden Jokowi, Gubernur Anies, Menkes Budi dan Setkab Pramono Anung melakukan peninjauan pelaksanaan vaksinasi di pusat perbelanjaan TC.

“Pagi hari ini saya melihat, meninjau program vaksinasi yang dilakukan di Thamrin City dan Grand Indonesia, ini dalam rangka agar seluruh pelayan toko dan yang berusaha di kawasan pertokoan, di mal, semuanya bisa divaksinasi,” ujar Presiden dalam keterangan persnya. 

Melalui pelaksanaan vaksinasi program pemerintah, Presiden optimistis akan dapat berkontribusi, memperlambat laju pandemi. “Kita harapkan itu bisa memperlambat, mengurangi, dan menghilangkan penyebaran Covid-19,” ungkapnya. 

Yang menarik, di sela-sela peninjauan, sempat ada momen manakala Anies menjadi 'fotografer' dadakan untuk mengabadikan foto Jokowi bareng warga.

Mengutip laporan detiknews, hal ini terjadi ketika salah seorang perempuan meminta izin untuk berfoto selfie bersama Jokowi, kemudian diikuti beberapa orang lain. Anies, yang berada di samping Jokowi, berinisiatif berjalan ke arah perempuan tersebut dan meminjam ponselnya. Anies kemudian memotret Jokowi bersama beberapa warga tersebut.

Lalu Paspampres mengatur jarak warga yang berfoto bersama Jokowi. Setelah selesai, Anies menyerahkan kembali ponsel tersebut kepada perempuan tersebut. Jokowi, Anies, dan Menkes selanjutnya meninjau tempat lain.

Bertemu di Galeri Nasional

Momen kebersamaan Presiden Jokowi dengan Gubernur Anies juga terjadi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk sekitar 500 seniman dan budayawan di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Senin (19/04/2021). 

Saat itu malah hadir pula Sandiaga Uno, pasangan Anies di Pilkada DKI yang datang mendampingi Jokowi sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

Anies dan Sandiaga praktis selalu berada di sisi Jokowi selama peninjauan. Sesekali, baik Anies ataupun Sandi, mengobrol dengan mantan Gubernur DKI Jakarta itu di sela peninjauan.

Selama peninjauan, Jokowi, Anies, Sandi, dan beberapa pejabat lainnya menyempatkan berbincang dengan para seniman. Mereka bahkan asyik mengobrol saat vaksinator menyiapkan dosis vaksin.

"Alhamdulillah kita bersama-sama dengan para seniman, budayawan, artis, musisi, dari teater, dari seni tradisi, semuanya berkumpul di sini untuk divaksinasi," kata Jokowi di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, yang juga disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (19/04/2021). ***