logo

Bandara Adi Soemarmo Solo Akan Sediakan Tes GeNose

Bandara Adi Soemarmo Solo Akan Sediakan Tes GeNose

Bandara Adi Soemarmo Solo akan sediakan tes GeNose untuk penumpang pesawat
17 April 2021 23:22 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah mulai 29 April akan menyediakan layanan tes GeNose untuk penumpang pesawat. Biaya tes GeNose di Bandara Adi Soemarmo Solo sebesar Rp40.000. 

Sesuai dengan surat edaran dari Kementerian Perhubungan SE No 26 tahun 2021 dan SE Gugus Tugas No 12 Tahun 2021, para pelaku perjalanan transportasi udara bisa menunjukkan hasil negatif tes GeNose sebagai salah satu persyaratan untuk melakukan perjalanan.

"Bandara Adi Soemarmo juga akan menerapkan GeNose sebagai salah satu alat skrining selain Rapid Antigen,” jelas Airport Operation, Services & Security Senior Manager Bandara Adi Soemarmo, Riyaman, Sabtu (17/4/2021).

Lebih lanjut Riyaman mengatakan layanan GeNose di Bandara Adi Soemarmo akan dimulai pada tanggal 29 April 2021. Namun pihaknya mengharapkan persiapan tempat dan peralatan pelayanan GeNose sudah selesai pada tanggal 23 April 2021.

"Dan trial juga akan dilaksanakan pada tanggal 23 April 2021," katanya.

Untuk biaya tes GeNose, Riyaman mengatakan hal itu sesuai dengan harga Corporate dimana sebelumnya sudah ada bandara yang telah menerapkan pelayanan GeNose yaitu bandara Juanda Surabaya dan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

"Yang akan dilayani GeNose adalah calon penumpang pesawat udara yang telah memiliki tiket pesawat udara," jelasnya lagi.

Untuk melayani tes GeNose tersebut, pihak bandara menyiapkan dua bilik dengan dua alat untuk operasional GeNose . Tempat layanan GeNose berada di lantai bawah area parkir Bandara. Untuk tahap awal baru bisa melayani 20 persen dari jumlah penumpang berangkat yakni 200 penumpang perhari.

Bandara Adi Soemarmo juga masih menyediakan layanan tes Rapid Antigen. Layanan ini dilakukan di area parkir di lantai atas.

"Penumpang yang memilih tes GeNose bisa datang tiga jam sebelum jadwal penerbangan, agar tidak terjadi keterlambatan. Dan rencana layanan GeNose akan dibuka pada pukul 08.00 - 16.00 WIB," pungkasnya. ***

Editor : Gungde Ariwangsa SH