logo

ACFFest: Masyarakat Butuh Film Untuk Edukasi Pencegahan Tindak Pidana Korupsi

ACFFest: Masyarakat Butuh Film Untuk Edukasi Pencegahan Tindak Pidana Korupsi

Ketua KPK Firli Bahuri. (Istimewa)
30 Maret 2021 16:55 WIB
Penulis : B Sadono Priyo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Memeringati hari film nasional yang jatuh pada 30 Maret tiap tahunnya, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyatakan jika lembaga yang dipimpinnnya itu menjadikan film sebagai sarana pencegahan tindak pidana korupsi.

"Di era digital dan pesatnya kemajuan tekhnologi saat ini, kami memandang film bukan lagi sekedar tontonan yang sarat hiburan semata, melainkan juga sebagai sarana edukasi sekaligus media campaign program-program strategis KPK, seperti pencegahan tindak pidana korupsi," kata Firli lewat keterangan tertulis, Selasa (30/3/2021).

Ia pun menyampaikan apresiasinya kepada para pihak yang turut memproduksi karya film yang muatannya berisikan pencegahan korupsi.

"Sudah tidak terhitung lagi film-film Indonesia bertemakan anti korupsi yang mereka produksi dengan biaya sendiri, telah beredar luas dan gratis ditonton melalui jejaring media sosial," tuturnya

"Tidak sedikit aktor dan aktris papan atas nasional serta publik figur yang memiliki ribuan hingga jutaan fans, ikut berperan dalam film-film pendek anti korupsi," imbuh dia.

Untuk itu, pihaknya akan mengadakan Anti Corruption Film Festival (ACFFest). "Melihat besarnya antusiasme, kontribusi dan semangat sineas-sineas pejuang anti korupsi, kami mengadakan Anti Corruption Film Festival (ACFFest), sebuah festival film yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) untuk bersama memproduksi film pendek fiksi yang mengangkat tema anti korupsi yang sarat dengan nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan, kepedulian, tanggung jawab, kerja keras, kesederhaan, kemandirian, keberanian dan keadilan," jelasnya.

Mantan Kabaharkam Polri ini sekaligus berharap tumbuh kembangnya sikap anti korupsi dapat berangkat dari karya film yang diciptakan tersebut.

"Selamat memeringati Hari Film Nasional, mari kita semai benih-benih anti korupsi melalui film-film bertemakan anti korupsi, agar semangat anti korupsi tumbuh berkembang serta mengisi relung hati, jiwa dan pikiran setiap eksponen bangsa dinegeri ini, untuk menggapai sekaligus mewujudkan cita-cita NKRI bebas korupsi,"pungkasnya.***