logo

Dini Hari Merapi Muntahkan Wedus Gembel Dan Lava Pijar

 Dini Hari Merapi Muntahkan Wedus Gembel Dan Lava Pijar

Wedus gembel Merapi. (Foto: Dokumentasi BPPTKG)
04 Maret 2021 14:23 WIB
Penulis : Pudyo Saptono

SuaraKarya.id - YOGYAKARTA: Wedus gembel atau awan panas kembali dimuntahkan Gunung Merapi dini hari tadi. Wedus gembel yang menyembur dari kawah Merapi tersebut, meluncur deras ke arah barat daya sejauh 1,2 kilometer.

Menurut Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida, awan panas guguran terjadi pada pukul 03.57 WIB. Awan panas guguran tercatat di seismogram dengan amplitudo 38 mm, dan durasi 123 detik, estimasi jarak luncur 1,2 km.

"Luncuran awan panas arahnya tetap ke barat daya," katanya, Kamis (4/3/2021).

Dia menjelaskan, saat ini terjadi pertumbuhan kubah lava di puncak Merapi. Dengan pertumbuhan di atas 10 ribu meter kubik, menunjukkan aktivitas vulkanik masih terus terjadi. Aktivitas vulkanik masih terjadi dan belum bisa diprediksi kapan akan berakhir.

Dengan masih intensifnya aktivitas vulkanik gunung di perbatasan Jateng-DIY tersebut, maka erupsi Merapi 2021 ini terbilang cukup panjang. BPPTKG meningkatkan status dari awas ke siaga sejak 5 November 2020. Kemudian erupsi di tahun 2021 sudah dimulai sejak 4 Januari 2021, dan hingga hari ini masih terus terjadi.

Di sisi lain, dari pengamatan yang dilakukan BPPTKG pukul 00.00-06.00 WIB, teramati 25 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimal 1.000 meter ke arah barat daya. Untuk kegempaan tercatat satu kali awan panas guguran, 35 kali gempa guguran, serta satu kali gempa hembusan.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto