logo

Menhub Sebut Pengembangan Terminal Tirtonadi Menjadi PKM Akan Jadi Percontohan

Menhub Sebut Pengembangan Terminal Tirtonadi Menjadi PKM Akan Jadi Percontohan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meninjau rel Palang Joglo Solo
28 Februari 2021 20:08 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Pengembangan Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Jawa Tengah menjadi pusat kegiatan masyarakat (PKM) akan menjadi percontohan bagi daerah lain. Hal ini dikatakan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, saat meninjau pembangunan lantai 2 Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Minggu (28/2/2021).

"Ini bisa menjadi contoh untuk daerah lain yakni membangun terminal sebagai pusat kegiatan," kata Menhub saat meninjau pembangunan Terminal Tipe A Tirtonadi Solo.

Budi Karya juga mengatakan Terminal Tirtonadi memiliki potensi yang luar biasa sehingga pemerintah melakukan pengembangan dengan menambah sejumlah fasilitas. Seperti gedung pertemuan, pusat jajanan, dan gedung olah raga.

"Apa yang dilakukan, ide Pak Walikota luar biasa. Apalagi terminal sudah dihubungkan dengan stasiun balapan, jadi konsep antar muda yang bagus," jelasnya.

Lebih lanjut Budi menyatakan saat ini Terminal Tipe A Tirtonadi juga sudah menerapkan konsep antarmoda dengan Stasiun Solo Balapan. Sehingga memudahkan masyarakat mengakses berbagai fasilitas yang ada di lantai dua terminal tersebut.

"Ini merupakan suatu kerjasama yang baik antara daerah dan pusat, dimana menjadi contoh dengan kota yang lain. Membangun terminal menjadi pusat kegiatan dengan dihubungan dengan moda angkutan yang lain," jelasnya lagi.

Dalam kunjungan tersebut, Menhub disambut Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Mereka juga sempat berkeliling terminal mulai dari lantai satu hingga lantai dua. Mereka juga sempat berinteraksi dengan sejumlah pedagang.

"Perencanaan pembangunan di lantai 2 Terminal Tirtonadi akan menjadi pusat kegiatan yang terintegrasi," ujar Gibran.

Wali Kota Solo yang baru dilantik Jumat lalu itu juga mengatakan Pemkot Solo akan menjadikan Terminal Tirtonadi sebagai salah satu ikon Kota Solo.

"Tirtonadi sebagai ikon Kota Solo harus terintegrasi dengan embung yang di depan dan Balekambang. Saat ini juga sudah terintegrasi dengan Stasiun Solo Balapan,"ujarnya lagi.

Selain meninjau pembangunan lantai dua Terminal Tirtonadi, Menhub dan rombongan juga meninjau rel Palang Joglo di Banjarsari Solo. Gibran meminta kepada Menhub untuk segera menindaklanjuti keluhan masyarakat akan kemacetan di daerah tersebut.

"Saya minta tolong, titip ke Pak Menteri untuk Palang Joglo nanti langsung ditinjau, karena keluhan masyarakat sudah lama sekali soal macet," ujar Gibran saat memberi keterangan pers.

Menhub dan Wali Kota Solo juga sempat berdiskusi terkait rencana pembangunan elevated doubletracks railway sebagai solusi untuk mengurai kemacetan. Sebelumnya sempat muncul ide akan dibangun flyover di area rel Joglo. Namun, usai dikaji hal tersebut kurang feasible. Hal ini terjadi lantaran dari uji kelayakan tidak memungkinkan berdasarkan hasil feasibility study. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto