logo

Masyarakat Sangat Membutuhkan Informasi Kesehatan Dan Gizi Keluarga

Masyarakat Sangat Membutuhkan Informasi Kesehatan Dan Gizi Keluarga

Seminar Online Tentang Peran Ketahanan Kesehatan Keluarga. (foto,ist)
28 Februari 2021 17:30 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) hendaknya maju ke depan, mengajak orang-orang atau lembaga yang memiliki pengaruh di masyarakat, agar memberikan informasi tentang pentingnya kesehatan dan gizi keluarga. Dalam rangka memperkuat daya tahan tubuh di masa Pandemi Covid 19 seperti yang terjadi sekarang ini.

Ajakan tersebut dikemukakan Prof Dr Haryono Suyono, dalam sambutannya saat menjadi nara sumber secara virtual, pada acara Seminar Online Tentang Peran Ketahanan Kesehatan Keluarga, yang diselenggarakan FKM-UI bekerja sama dengan STIKes Mitra RIA Husada, dari Jakarta, Sabtu (27)2/2021) sore.

Dikemukakannya, kita perlu mendidik rakyat untuk bertingkah laku sangat pro pada gizi keluarga. Tidak saja tahu atau tidak pandai, tetapi bertingkah laku makan bergizi di mana mana. Utamanya, saat mereka yang sedang hamil dan mereka yang sudah lansia.

Pasalnya, mernurut Pakar Pemberdayaan Keluarga itu, stunting itu tidak muncul secara mendadak, tetapi perlu waktu lama sangat lama. Untuk itu, dalam penanganannya harus melibatkan banyak orang terutama para kepala desa dan pimpinan daerah.

Dalam upaya penanganan stunting, keluarga memerlukan masukkan gizi yang sangat baik. Hal itu, kata Haryono, dimulai sejak ibu hamil, harus sudah diberikan makan makanan yang bergizi.

Selain Haryono Suyono, acara seminar online tersebut juga menghadirkan dua pembicara lain. Yakni Prof Dr drg Sandra Fikawati MPH dengan materi "Peran Gizi Keluarga di Era Pandemi Covid-19", dan Prof Dr Endang Anhari MOH drPH dengan materi "Pencegahan Stunting dalam Keluarga di Era Pandemi Covid-19".***