logo

Karang Taruna Diharapkan Mampu Membumikan Pancasila Di Era Kekinian

Karang Taruna Diharapkan Mampu Membumikan Pancasila Di Era Kekinian

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang diselenggarakan secara virtual oleh Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima
28 Februari 2021 16:32 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Karang Taruna diharapkan mampu berperan membumikan Pancasila di era kekinian. Melalui Karang Taruna, bisa menjadikan Pancasila lebih kekinian, dinamis dan kreatif.

Seperti dikatakan Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Aria Bima secara virtual dalam Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Pancasila, UUD 1945 , NKRI, Bhineka Tunggal Ika, di Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu (28/2/2021).

"Pembumian Pancasila di era kekinian sangat penting. Karang Taruna berperan melalui media sosial di RT dan RW dengan memberikan warna Pancasilais dengan membangun kegotong royongan," jelas Aria Bima di hadapan puluhan pengurus Karang Taruna se-Kota Solo.

Serta membangun keagamaan masing-masing individu. Sehingga semakin bisa menerima perbedaan dan menikmati perbedaan. Politisi PDIP itu juga mengatakan di era kekinian seperti saat ini, media sosial sangat berperan. Tetapi banyak dampak negatif yang juga disebabkan dari media sosial.

"Banyak perceraian, tindakan amoral karena medsos. Mana informasi, mana hoax ,mana anak muda terjebak konten porno. Berapa yang bejat moral karena medsos," ujarnya.

Untuk itu dirinya meminta kepada Karang Taruna untuk mampu berfikir bagaimana memahami alat teknologi tersebut agar berguna untuk membangun bangsa ini. Aria Bima menegaskan, saat ini Indonesia membutuhkan keteladanan.

"Karang Taruna harus bisa menjadi pelopor anak muda dalam berkegiatan yang bervisi ke depan. Seperti di Solo ini, saat ini waki kotanya adalah anak muda yang tentunya memiliki komitmen menjadikan Solo lebih kreatif," jelasnya lagi.

Dirinya juga berharap Karang Taruna di Solo bisa memberikan warna keharmonisan dalam rumah politik di Solo melalui Pancasila.

"Konflik saat ini semakin banyak dan kualitasnya semakin beragam. Harapannya Solo tidak menambahi konflik yang ada," katanya.

Disinggung mengenai peran Karang Taruna di tengah pandemi Covid seperti saat ini, Aria Bima mengatakan Karang Taruna bisa membuat desain untuk bergotong royong menangani pandemi. Karena pandemi Covid-19 hanya bisa diatasi dengan gotong royong.

Acara sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan tersebut diikuti sekitar 66 pengurus Karang Taruna dari lima kecamatan di Kota Solo.

"Narasumbernya Pak Aria Bima dan Pak Muchus dari wartawan detik.com. Dalam sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini sasarannya adalah dari Karang Taruna agar mereka semakin mendalami masalah Pancasila di era kekinian," ujar salah satu staf Bale Rakyat, Guntur Widiantoro. ***

Editor : Gungde Ariwangsa SH