logo

Dispora Dan KONI DKI Berkolaborasi Hadapi PON

Dispora Dan KONI DKI Berkolaborasi Hadapi PON

Foto : Istimewa.
28 Februari 2021 05:02 WIB
Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - YOGYAKARTA: Pekan Olahraga Nasional (PON) yang digelar di Papua sudah di depan mata. DKI Jakarta yang memiliki tekad untuk merebut juara umum PON terus melakukan evaluasi. 

Bahkan, dalam waktu dekat, mantan atlet berprestasi yang saat ini menjadi ASN di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta bakal diturunkan untuk memantau langsung latihan para atlet. 

Hal ini ditegaskan oleh Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga DKI Jakarta Ahmad Firdaus saat memantau latihan atlet dayung di Laguna Pantai Depok, Desa Parangtritis, Yogyakarta, Sabtu (27/2/2021).

Selain Firdaus, Ketua Umum KONI DKI Jakarta Laksma (Purn) Djamhuron P Wibowo dan anggota DPD RI Sylviana Murni juga hadir. Mereka memberikan semangat dan motivasi kepada atlet dayung.

"KONI dan Dispora sudah satu jiwa dan sinergis demi mengharumkan nama ibukota. Kami yakin jika seluruh atlet konsen berlatih maka cita-cita menjadi juara umum di PON akan terwujud," tegas Firdaus.

Sinergi KONI dan Dispora kata Firdaus adalah pesan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar melakukan kolaborasi. "Kita bersama KONI bahu membahu membina atlet," tukasnya. 

Monitoring dan evaluasi (monev) kata Firdaus, untuk melakukan kajian yang mendalam soal perkembangan atlet menjelang PON. Saat ini ada sekitar 30 atlet berprestasi dari berbagai cabang olahraga yang berada di Dispora DKI Jakarta. 

Firdaus juga memberikan pesan kepada seluruh atlet yang melakukan latihan harus menjalankan protokol kesehatan (prokes). "Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan dan rutin melakukan tes antigen," tambahnya.

Sementara Djamhuron meminta kepada seluruh atlet DKI agar terus berlatih. "Kita harua luar biasa  dan rela berkorban untuk Jakarta. Atlet harus punya impian jadi juara," ungkapnya. 

Dia yakin dengan keseriusan latihan para atlet dayung pastinya akan mampu mengukir prestasi dan meraih emas. "KONI dan Dispora sudah sejalan, kami terus berkolaborasi," ungkap Djamhuron yang ditemani pengurus KONI DKI Jakarta, Gde Sardjana, RBJ Bangkit, Budiawan dan Ahmad Yani.

Saat berlatih, atlet dayung menjalankan protokol kesehatan (prokes). "Atlet melakukan tes antigen. Kami juga terus melihat kondisi fisik para atlet," tergas Ayun, pengurus Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) DKI Jakarta ini.


Jangan Lupakan Pendidikan

Sementara Sylviana Murni berpesan kepada atlet agar tidak melupakan pendidikan. Senator dari Jakarta yang biasa disapa Mpok Sylvi ini menyatakan, keberhasilan atlet harus dibarengi dengan prestasi pendidikan. 

"Saya yakin jika atlet serius berlatih hasilnya pasti akan memuaskan. Tapi, prestasi olahraga juga harus dibarengi dengan pendidikan," terang Senator (DPD RI) dari Jakarta ini. 

Usai memberikan motivasi, Mpok Sylvi juga memberikan bantuan uang tunai dan mencarikan sponsor untuk para atlet dayung yang sedang berlatih.

"Tolong bantuan ini dimanfaatkan untuk latihan. Jangan pernah putus asa, karena semangat berlatih akan membuahkan hasil yang memuaskan untuk masa depan Anda," ucap mantan Wali Kota Jakpus ini. ***