logo

Munas PRSI: Anindya Bakrie, Apalagi?

Munas PRSI: Anindya Bakrie, Apalagi?

27 Februari 2021 01:26 WIB

SuaraKarya.id -  

Oleh: Gungde Ariwangsa SH

Anindya Novyan Bakrie, apalagi? Tidak diragukan lagi dia hampir pasti akan terpilih kembali dalam Musyawarah Nasional  Persatuan Renang Seluruh Indonesia (Munas PRSI) di Jakarta, Sabtu (27/2/2021) ini. Dukungan sudah demikian deras mengalir kepada Anindya untuk meneruskan kepemimpinannya di  PRSI.

Jalan mulus pun terbuka lebar bagi Anin, demikian panggilan akrab Anindya Bakrie,  untuk membuka periode kedua masa baktinya di induk organisasi cabang olahraga renang Indonesia. Apalagi pada periode pertama memimpin Pengurus Pusat PRSI tahun 2016 – 2020, kiprah Anin sejak terpilih, dilantik hingga masa akhir masa bakti periode pertamanya, tampak dia memiliki visi, komitmen dan kerpecayaan untuk mengangkat cabang olahraga renang kembali meraih masa kejayaan. Saat terpilih Anindya menyatakan mendapat tanggung jawab sekaligus pengabdian yang besar. Ketika dilantik pria kelahiran Jakarta, 10 November 1974, bertekad memenuhi harapan masyarakat untuk mengembalikan kejayaan renang Indonesia.

Putra sulung dari politikus dan pengusaha sukses Aburizal Bakrie ini menyadari visi dan misinya tidaklah mudah untuk dilaksanakan mengingat kondisi cabor aquatik di Tanah Air tengah dilanda krisis prestasi. Namun Anin menunjukkan komitmennya untuk membanngkitkan prestasi cabang ladang emas itu. Program prestisius dengan mendatangkan pelatih asing dan pengiriman atlet ke luar negeri pun dilaksanakan. Selain itu suami dari Firdani Saugi ini juga memiliki kepedulian terhadap para insan olahraga renang dengan menyisihkan waktunya yang super sibuk sebagai pengusaha dan pengurus berbagai organisasi untuk meninjau Pelatnas dan juga meninjau aktivitas renang di daerah-daerah.

Melihat gebrakan Anin itu Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (Siwo PWI) Pusat memberikan apresiasi sebagai penerima penghargaan Pembina Harapan pada acara Golden Award Malam Anugerah Siwo PWI 2019 di Surabaya, Februari 2019. Bagi Siwo PWI Pusat pemberian penghargaan ini tidak sia-sia karena Anin mampu menjawab dengan prestasi bersejarah lewat keberhasilan Tim Polo Air Putra Indonesia untuk pertama kalinya meraih medali emas di ajang SEA Games Filipina 2019. Keberhasilan mampu menumbangkan dominasi Singapura dan Malaysia ini mengibarkan polo air dan renang Indonesia di masyarakat Tanah Air. Siwo PWI pun kembali menganugerahkan Penghargaan Pembinaan Favorit kepada Anin pada acara bergengsi Golden Award Malam Anugerah Olahraga Siwo PWI 2020, di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (16/12/2020) lalu.

Menjelang berlangsung Munas PRSI kali ini, berbagai dukungan terus mengalir kepada Anin. Bukan saja dari kalangan aquatik sendiri namun juga dari beberapa Menteri di Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Joko Widodo yang kebetulan masih dan pernah memimpin induk organisasi  cabor. Sebut saja dukungan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan yang kini menjabat Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto yang menduduki posisi Ketua Umum PB Wushu Indonesia (WI) dan Mentri BUMN Erick Thohir yang pernah menjabat Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Ketua Umum PB Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi).

Dukungan juga datang dari pemimpin lembaga tinggi olahraga di Tanah Air. Menteri Pemuda Dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman dan Ketua KOI (NOC) Raja Sapta Oktohari juga mengharap dan mendukung Anin untuk meneruskan pengabdiannya di PRSI.

Yang lebih menentukan lagi, para pemegang hak suara dalam Munas, Pengurus Provinsi PRSI di seluruh Indonesia juga masih tetap mengharapkan Anin bersedia dipilih kembali untuk memimpin PP PRSI. Anin dinilai memiliki komitmen dan kepedulian besar. Apalagi dia memiliki spesialisasi mengatasi yang susah. Tercatat sudah 22 dari 34 Pengprov PRSI memberikan dukungan nyata kepada Anin.

Dukungan demi dukungan itu bukan saja memperkuat namun juga memperkokoh langkah Anin untuk meduduki Ketua Umum PRSI 2020 – 2024. Memang muncul pengusaha Wibisono yang mencalonkan diri sebagai Ketua Umum. Namun dukungan kepada Wibisono belumlah mampu membendung langkah Anin.

Jadi, apalagi Anin? Kehadiran pertama Anin di PRSI belumlah akan berakhir. Masih ada kehadiran yang kedua. Masih ada tantangan yang perlu harus dijawab oleh ayah dari Alisha Anastasia Bakrie, Azra Fadilla Bakrie, dan Akila Abunindya Bakrie itu. Memperbaiki yang masih kurang di periode pertama kepemimpinannya dengan meningkatkan komitmen dan kepeduliannya  untuk mewujudkan pekerjaan besar meningkatkan kejayaan cabor aquatic yang meliputi renang, loncat indah, polo air, renang artistik dan renang perairan terbuka serta renang master Indonesia di tingkat Asia Tenggara, Asia dan dunia. Semoga. ***

* Gungde Ariwangsa SH – wartawan suarakarya.id, pemegang Kartu Utama UKW, Ketua Siwo PWI Pusat