logo

Kabareskrim Diminta Tuntaskan Kasus Penembakan 6 Anggota FPI

Kabareskrim Diminta Tuntaskan Kasus Penembakan 6 Anggota FPI

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. (Istimewa)
24 Februari 2021 18:56 WIB
Penulis : B Sadono Priyo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Komjen Pol Agus Andrianto resmi dilantik Kapolri Listyo Prabowo dan serah terima jabatan perwira tinggi (Pati) Polri di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan Rabu (24/02/2021).

Agus mengemban tugas sebagai Kabareskrim Polri, jabatan yang ditinggalkan Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai dilantik Presiden Jokowi menjadi Kapolri.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit memimpin langsung upacara yang dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya, Sigit memberi sejumlah arahan seperti proses hukum terhadap pelanggar UUD ITE. Ia meminta semua jajarannya mematuhi 2 surat telegram yang dikeluarkan.

“Tantangan yang kita hadapi adalah bagaimana perkembangan dunia siber, UUD ITE menjadi perhatian publik. Saya harapkan betul-betul kita laksanakan selektif. Perlu adanya sosialisasi untuk anggota sehingga masyarakat tidak dibentur-benturkan karena statement kita di medsos belum seragam,” kata Sigit di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (24/2/2021).

Dalam arahannya, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit menitipkan sejumlah “pekerjaan rumah” (PR) kepada Kabareskrim Polri yang baru dan juga kepada pejabat lainnya yang dilantik.

“Khusus kepada Kabareskrim, beliau menekankan untuk bisa mewujudkan transformasi Polri di bidang penegakan hukum yang berkeadilan menuju Polri yang Presisi,” terangnya.

Selain itu, Kapolri juga menekankan beberapa hal untuk dilakukan Kabareskrim Polri yang baru, yakni terkait dengan pengawalan pemulihan ekonomi nasional, pengawalan Satgas Pangan, mafia tanah, dan pengawasan terhadap subsidi pupuk.

Khusus pengungkapan kasus penembakan di KM 50 Tol Jagorawi, Kapolri meminta Kabareskrim Polri baru agar segera menindaklanjuti apa yang menjadi rekomendasi dari Komnas HAM.

“Mudah-mudahan apa yang menjadi arahan Bapak Kapolri pada saat pelantikan, merupakan arah yang diberikan kepada kami sebagai pengembangan fungsi penegakan hukum untuk bisa mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan,” ujar Komjen Pol Agus Andrianto.

Selain pelantikan Komjen Agus Andrianto, ada juga pelantikan sejumlah Perwira Tinggi Polri lainnya. Berikut daftar Perwira Tinggi Polri yang dilantik:

1. Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto
2. Kabaharkam Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto
3. Kalemdiklat Polri Komjen Pol Rycko Amelza
4. Kabaintelkam Polri Irjen Pol Paulus Waterpauw
5. Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra
6. Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana
7. Kapolda Papua Brigjen Pol Mathius D. Fakhiri
8. Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugianto. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto