logo

Setahun “Ganastri” Qubil AJ: Sasar Pemulung, Sopir Angkot Dan Jamaah Masjid

Setahun “Ganastri” Qubil AJ:  Sasar Pemulung, Sopir Angkot Dan Jamaah Masjid

Komedian dan actor sinetron Qubil AJ hampir setahun menjalankan Program Ganastri
23 Februari 2021 13:49 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - JAKARTA: Komedian dan actor sinetron Qubil AJ tiada terasa sudah hampir setahun menjalankan program 'Ganastri' alias gerakan nasi tiga hari. Program yang dilaksanakan Rabu, Kamis dan Jumat setiap pekan ini berawal dari niat untuk  membantu warga masyarakat dari kesulitan hidup akibat adanya pandemi COVID-19 di Jakarta.

Ketika dihubungi Selasa (23/2/2021), Qubil menyatakan, lewat Ganastri, warga sekadar dibantu untuk kebutuhan makan lewat pemberian nasi boks. Ternyata setelah memasuki tahun 2021, Covid-19 belum tuntas. Bahkan kemudian muncul musibah banjir. “Artinya, secara kuantitas semakin banyak warga masyarakat yang didera kesulitan hidup," kata Qubil.

Mengingat hal itu Qubil Qubil AJ juga membuka kesempatan bagi masyarakat luas yang tergerak ingin membantu atau jadi donatur. Sebab, saat ini untuk setiap pekannya harus menyiapkan antara 300 - 400 nasi boks plus sudah ada lauk pauknya. Caranya bisa bergabung dengan menghubungi nomor ponsel 087875572614 lebih dulu. Atau mengirim donasi langsung ke Norek BCA 1651971450 a/n Sinta Wahyurini.

Ditegaskan Qubil AJ warga masyarakat yang bekerja serabutan semakin banyak, contohnya para pemulung. Selama ini selalu diprioritaskan, karena mereka tak punya penghasilan tetap. Selebihnya, juga para sopir angkot.

"Fokus program Ganastri ke mereka, para pemulung dan sopir angkot. Sedangkan untuk ke jamaah masjid, agar bisa makan bersama seusai sholat Jumat, tetap jalan," tutur pria Betawi yang punya nama asli Ramdhani itu, lagi.

Pendistribusian gerakan nasi tiga hari, menurut Qubil AJ, dimulai pada hari Rabu. Kemudian berlanjut ke hari Kamis dan Jumat. Begitu seterusnya berjalan setiap sepekan sekali. Ia juga dibantu total oleh sang istri tercinta, Sinta Wahyurini. ***