logo

Pelancong Masuk DIY Harus Kantongi Surat Bebas Covid-19

  Pelancong Masuk DIY Harus Kantongi Surat Bebas Covid-19

Wisata pantai andalan DIY
13 Februari 2021 12:52 WIB
Penulis : Pudyo Saptono

SuaraKarya.id - YOGYAKARTA: Kaum wisatawan (pelancong) yang ingin mengunjungi tempat-tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), harus bisa menunjukkan surat bebas covid-19. Jika tidak, wisatawan dilarang masuk.

Selama libur Imlek dan akhir pekan ini, Pemkot Yogyakarta gencar melakukan pengecekan terhadap wisatawan yang datang ke DIY. Bahkan di pintu-pintu utama masuk DIY, dilakukan razia ketat terhadap warga baik yang akan keluar maupun masuk DIY.

Menurut Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta, Agus Winarto, para pelancong wajib memiliki surat bebas Covid-19 yang dibuktikan dari hasil rapid test antigen.

"Kalau tidak bisa menunjukkan, mereka kami tolak. Kami mulai melakukan patroli Sabtu (13/2/2021) sampai Minggu (14/2/2021), di berbagai objek wisata dan kantong-kantong parkir. Secara acak, setiap wisatawan diminta menunjukkan surat hasil rapid test antigen, sebagai syarat masuk okasi wisata,” kata Agus, Jumat (12/2/2021).

Patroli dan pengecekan untuk menindaklanjuti program pemda DIY dalam pengendalian dan pencegahan penularan Covid-19. Sebelumnya di empat pintu masuk ke DIY akan dilakukan penyekatan kendaraan yang akan masuk.

“Untuk pengecekan ini, kami terjunkan 30 personel yang dibagi dalam tiga regu,” ujarnya.

Bagi pelancong yang tidak menunjukkan surat hasil rapid test, lanjutnya, mereka diminta tetap di dalam kendaraan dan harus segera keluar dari lokasi wisata. Selama patroli, juga disosialisasikan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

“Semua pengelola destinasi wisatra, juga harus patuh dan selalu mengingatkan para pelancong agar tidak berkerumun dan bisa tertib menjaga jarak,” pungkasnya.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto