logo

Anton Soneta, Berharap Tuah Rhoma Irama

 Anton Soneta, Berharap Tuah Rhoma Irama

Anton Soneta (baju merah)
04 Februari 2021 15:18 WIB
Penulis : Pudyo Saptono

SuaraKarya.id - SEMARANG: Kota Semarang seolah tak pernah kehabisan talenta dalam bermusik. Ibu kota provinsi Jateng ini telah melahirkan banyak sekali penyanyi-penyanyi berbakat dalam berbagai genre yang meraih sukses besar.

Memang, dari sekian banyak penyanyi baru, tidak sedikit yang tampilannya menduplikasi sang idola yang sudah terlebih dulu kondang. Tapi itu sah-sah saja. Karena bagi sang idola, semakin banyak yang meniru gaya dan suaranya akan semakin tenarlah dia. 

Seperti di Kota Semarang, kini muncul lagi penyanyi baru yang tampilannya persis Raja Dangdut Rhoma Irama, namanya Anton Sujarwo (39), yang tinggal di Jl ligu Utara, Kota Semarang. Penyanyi yang memiliki nama panggung Anton Soneta ini selain sudah banyak menerima job manggung, juga sudah memasuki dapur rekaman.

"Saya pakai nama Anton Soneta, karena memang berharap tuah dari idola saya, Rhoma Irama," kata Anton kepada SK.id, Kamis (4/2/2021).

Saat manggung maupun rekaman di studio, Anton Soneta selalu membawa grup musiknya JIPTA (Soneta Stream). Sejak menggeluti bidang musik pada 2018, Anton mengaku sudah rekaman 4 lagu berjudul Satu Hati, Sontoloyo, Semua Sama, dan Kesombongan.

Semua lagu itu diciptakan oleh dedengkot lagu-lagu dangdut dan campursari, Jujuk Eksa, yang sudah tidak asing bagi jagad musik Indonesia. Karena beberapa lagu dangdut andalannya sempat melambungkan nama-nama beken seperti Rita Sugiarto maupun Elvi Sukaesih.

"Sekarang saya lagi mencoba menciptakan lagu sendiri berjudul 'Malu Tapi Mau'. lagu ini segera masuk dapur rekaman JX Record Tinggal menunggu pasangan duet saja," tutur Anton.

Bekerja sama dengan komposer dan aranger Jujuk Eksa, diakuinya sangat menyenangkan, karena lagu-lagu yang digarap selalu menjadi hit. Banyak tembang-tembang Jawa ngetop seperti Kusumaning Ati yang meroketkan nama Nurhana, lagu TKW yang melambungkan nama Soleh Akbar, serta beberapa lagu hebat lainnya yang dibawakan Oleh Boy Suro.

"Untuk 2021 ini, program jangka pendek saya adalah manggung live di TVRI Jateng, serta mengejar job manggung yang tertunda akibat pandemi Covid-19," kata Anton, seraya menambahkan, seluruh lagu-lagu yang direkamnya saat ini bisa dengan mudah di akses melalui kanal YouTube.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto