logo

Perempuan Muda Indonesia Berani Bermimpi Besar: Ikuti Bintang Beasiswa 2021

Perempuan Muda Indonesia Berani Bermimpi Besar: Ikuti Bintang Beasiswa 2021

28 Januari 2021 23:58 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - JAKARTA: Fair & Lovely yang dikenal sebagai brand yang memiliki tujuan mulia untuk membuka akses pendidikan bagi perempuan agar lebih percaya diri dan berani bermimpi besar, secara global saat ini bertransformasi menjadi Glow & Lovely.

Transisi ini juga diikuti dengan kembali konsisten menyelenggarakan program dukungan pendidikan Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021.

Ikhtiar ini sebagai bentuk perwujudan komitmen Unilever terhadap keberagaman dan inklusivitas untuk melanjutkan aspirasi brand mendukung perempuan muda tampil lebih percaya diri dengan kecantikan seutuhnya dari luar maupun dari dalam diri.

Amaryllis Esti Wijono selaku Head of Marketing Skin Care Category Unilever Indonesia mengatakan transformasi Glow & Lovely merupakan bentuk perwujudan komitmen Unilever dalam mendukung keberagaman dan inklusivitas yang dilakukan di tataran brand.

"Selama 10 tahun berada di Indonesia, kami meyakini kecantikan harus menjadi pengalaman positif bagi setiap perempuan yang memungkinkan setiap orang untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri. Melalui Glow & Lovely, kami secara konsisten mendorong para perempuan muda meraih cerah mereka tidak hanya melalui kulit yang cantik terawat atau outer glow, namun terus memberdayakan diri melalui pendidikan agar memancarkan inner glow mereka," ujar Amaryllis Esti Wijono saat webinar dengan media di Jakarta, Kamis (28/1/2021).

Inisiatif Glow & Lovely dalam memajukan pendidikan, kata dia, direalisasikan melalui program tahunan Glow & Lovely Bintang Beasiswa. Program yang telah diadakan sejak 2017 ini ditujukan untuk 60 perempuan muda Indonesia yang memiliki prestasi, aspirasi dan motivasi.

Saat ini tercatat 210 Adik Bintang di berbagai wilayah Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi pilihan mereka.

Felix Winarta selaku Senior Brand Manager Glow & Lovely Indonesia bertutur selama empat tahun Glow & Lovely Bintang Beasiswa telah menjadi program yang selalu dinanti dan disambut begitu antusias. Tahun lalu contohnya, jumlah pendaftar meningkat hingga lebih dari 60% dibandingkan 2019.

"Untuk menjawab animo tersebut pula, kami sekarang memperluas cakupan wilayah di Pulau Sumatera, tepatnya di Provinsi Lampung, Riau, dan Aceh sehingga total terdapat 14 provinsi wilayah cakupan kami untuk Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021," jelas Felix Winarta.

Program Glow & Lovely Bintang Beasiswa ini pun menjadi jawaban yang membantu perempuan muda Indonesia mendapat kesempatan sama untuk mengenyam pendidikan tinggi.

Terkait hal ini, ?Dr. Devie Rahmawati, S. Sos., M.Hum, Pengamat Sosial dari Universitas Indonesia menjelaskan dunia masih sering mengabaikan peran besar perempuan baik di level personal bahkan profesional.

Padahal, studi International Labour Organization (ILO) menunjukkan fakta bahwa sekitar 77% dari 400 perusahaan di Indonesia telah sepakat bahwa keragaman gender telah mendatangkan beragam manfaat.

"Partisipasi SDM yang beragam termasuk perempuan mendorong perusahaan memperoleh capaian yang lebih baik, seperti 66% kenaikan profitabilitas, produktivitas, kreativitas, inovasi, keterbukaan, hingga 53% mengaku reputasi perusahaan pun menjadi makin baik," jelas Devie.

Devie melanjutkan bagaimana kondisi pandemi covid-19 pun kian menyudutkan posisi perempuan pada 3P yakni pendapatan secara umum berkurang, yang mendorong pendidikan menjadi tertunda bahkan terhenti serta menstimulus peningkatkan angka pernikahan dini.

“Pendidikan harus tetap diprioritaskan untuk para perempuan dalam kondisi apa pun karena terbukti memiliki dampak langsung pada pembangunan bahkan pengentasan kemiskinan," ungkapnya.

Selain dalam bentuk beasiswa pendidikan, ’Glow & Lovely Bintang Beasiswa juga memberikan sejumlah kelas pendampingan untuk memaksimalkan masa studi dan mengembangkan potensi para Adik Bintang (penerima manfaat beasiswa).

Mengenai perkembangan para kampium, Lintang Gustika Project sebagai Manager Hoshizora Foundation menceritakan para Adik Bintang yang telah direkrut dalam program ini menunjukkan prestasi yang sangat membanggakan, rata-rata mendapat IP di atas 3,6.

"Mereka tidak cuma jawara di bidang akademik tapi juga aktif berorganisasi, bahkan beberapa diantaranya mampu mengharumkan nama bangsa dengan memenangkan kompetisi bergengsi tingkat nasional maupun internasional, seperti FIRA RoboWorld Cup serta The World Universities Debating Championship (WUDC). Melalui Glow & Lovely Bintang Beasiswa kami ingin memberikan pengalaman konsep pendidikan untuk hari esok, dimana kami tidak hanya fokus pada kemampuan akademis saja tetapi juga keahlian lain seperti berpikiran kritis, problem solving, public speaking, leadership hingga wirausaha. Tujuannya untuk membekali mereka agar mampu menjawab tantangan zaman yang kian dinamis," urai Lintang Gustika.

Pada kesempatan yang sama Brand Ambassador, Jessica Mila sangat mengapresiasi program Glow & Lovely Bintang Beasiswa karena bisa memfasilitasi para perempuan muda berprestasi Indonesia dan dunia saat mengejar harapan dan asa mereka.

”’Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021 telah membuktikan kuatnya komitmen Glow & Lovely memberdayakan perempuan muda Indonesia untuk menjadi individu berwawasan luas, memiliki karakter tangguh, pantang menyerah, dan independen, sehingga mereka dapat tampil glowing dengan sempurna," tutur selebriti millenial ini.

Pada tahun ini, kata Mila, program kembali terlaksana untuk memotivasi para perempuan muda berprestasi Indonesia bisa melangkah maju meski masih berada dalam kondisi sulit akibat pandemi Covid.

"Ayo sama-sama wujudkan masa depan yang lebih cerah semua perempuan muda Indonesia dengan prestasi dan kemampuan gemilang," tandas Jessica Mila.

Info lebih lengkap mengenai Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021 dapat diakses melalui www.KelasBerbagiCerah.com. Pendaftaran dibuka secara daring selama Januari hingga 31 Maret 2021.***

Editor : Markon Piliang