logo

Tutup Tahun 2020, iPhone Rilis Gawai Lebih Canggih

Tutup Tahun 2020, iPhone Rilis Gawai Lebih Canggih

Gawai dengan merek iPhone yang terbaik, direkomendasikan kepada pelanggan di akhir tahun 2020 ini (ist)
10 Desember 2020 22:40 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - JAKARTA: Salah satu raksasa gadget terbesar di dunia, Apple dikenal sangat gencar dalam meluncurkan berbagai produk iPhone teranyarnya. Sepanjang tahun 2020 ini saja, sudah banyak sekali seri iPhone yang telah dirilis.

Bagi konsumen atau penggila gadget yang berencana untuk membeli gawai baru, dapat mempertimbangkan untuk membeli produk-produk iPhone. Tidak hanya memiliki spesifikasi komponen mesin terbaik, pelanggan juga bisa memanfaatkan berbagai macam fitur canggih yang terdapat di dalam perangkat smartphone ini.

Berikut ini adalah rekomendasi iPhone terbaik yang dapat pelanggan pilih sebelum tahun 2020 berakhir.

iPhone 12

iPhone 12 adalah salah satu seri hp iPhone terbaru dari Apple yang dirilis pada bulan Oktober tahun 2020. iPhone ini mengusung tipe layar Super Retina XDR OLED seluas 6.1 inch. Resolusi layar yang mencapai 1170 x 2532 pixel menjamin Anda dapat memperoleh kualitas grafis yang memanjakan mata.

Terlebih lagi, dengan adanya dukungan dari Dolby Vision sehingga aktivitas streaming lagu pun dapat Anda lakukan dengan lancar. Selain itu, iPhone 12 juga mengusung fitur True-tone dan wide color gamut yang menjamin pengalaman streaming film maupun bermain game online menjadi semakin terasa menyenangkan.

Dari segi dapur pacu, Apple menanamkan komponen chipset Apple A14 Bionic dengan CPU Hexa-core. Dukungan chipset dan CPU tersebut menghasilkan performa mesin yang sangat bertenaga. Ditambah lagi, dengan adanya dukungan dari iOS 14.1, yang bisa Anda upgrade menjadi ke versi iOS 14.2. iPhone 12 mendukung kapasitas RAM seluas 4 GB dengan 3 variasi memori internal, yaitu 64 GB, 128 GB, dan 256 GB.

iPhone 12 ini juga dipersenjatai dengan 2 lensa kamera ya Bung masing-masing memiliki resolusi 12 MP. Begitu juga dengan kamera selfie yang tersematkan pada poni iPhone ini. iPhone 12 ini memiliki kamera selfie dengan resolusi 12 MP yang mampu mengakomodasi kebutuhan Anda dalam bermain game.

Untuk mendapatkan perangkat iPhone ini, budjet yang harus dirogoh di kisaran harga 14 jutaan rupiah.

iPhone 12 Pro Max

 Sebulan setelah peluncuran seri iPhone 12, Apple lagi-lagi merilis salah satu seri iPhone 12 tercanggihnya. Seri tersebut adalah iPhone 12 Pro Max. Dari segi dapur pacu, iPhone 12 Pro Max ini memang tidak memiliki perbedaan dari seri iphone 12 yang lainnya.

iPhone 12 Pro Max ini juga dibekali dengan chipset terbaru dari Apple, yaitu Apple A14 Bionic. Untuk OS, Apple menerapkan sistem operasi iOS 14.1 yang dapat diupgrade ke versi terbaru.

Dibandingkan dengan seri iPhone 12, iPhone 12 Pro Max memang mengusung layar yang lebih luas. iPhone ini memiliki luas layar mencapai 6.7 inch yang membuat aktivitas Anda jadi terasa semakin leluasa. Otomatis, kualitas grafis yang dimiliki oleh iPhone ini juga semakin baik.

Dari segi RAM, iPhone ini mengusung kapasitas RAM 6 GB yang mampu mendukung aktivitas multitasking. Dari segi memori internal, hp iPhone 12 Pro Max ini menawarkan variasi 128 GB, 256 GB, dan 512 GB.

iPhone ini juga tercipta untuk memanjakan pelanggan yang gemar melakukan fotografi. Dari segi kamera selfie, iPhone 12 Pro Max memang hanya dibekali dengan 1 lensa kamera beresolusi 12 MP.

iPhone ini memiliki 4 lensa kamera dengan masing-masing memiliki resolusi 12 MP. Ditambah dengan adanya lensa TOF 3D LiDAR scanner untuk memberikan efek kedalaman yang tepat pada foto Anda.

Segala aktivitas dengan menggunakan perangkat iPhone ini akan didukung dengan baterai berkapasitas 3687 mAh. Kapasitas baterai tersebut juga turut didukung dengan fitur Fast Charging berdaya output 20W.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Qi magnetic fast wireless charging dengan daya output 15W. Termasuk variasi warna, iPhone Pro Max hadir dengan pilihan warna Silver, Graphite, Gold, dan Pacific Blue.

iPhone 12 Pro Max ini tersedia di rentang harga 17 Juta hingga 20 Juta Rupiah. Tertarik untuk memilikinya?

iPhone 12 Pro

 iPhone 12 Pro merupakan salah satu dari 4 seri iPhone 12 yang diluncurkan di tahun 2020. Seri iPhone ini diluncurkan secara resmi pasa 23 Oktober 2020.

Dari segi tampilan, iPhone ini memang tidak terlalu jauh berbeda dibandingkan seri iPhone 12 maupun iPhone 12 Pro Max. iPhone 12 Pro sama-sama mengusung layar seluas 6.1 inch dengan tipe layar Super Retina XDR OLED. Resolusi layar yang mencapai 1170 x 2532 pixel didukung dengan Dolby Vision, True Tone, dan Wide color gamut membuat pengalaman Anda saat streaming film maupun bermain game online jadi terasa semakin menyenangkan.

Dari segi performa iPhone 12 Pro ini juga dibekali dengan chipset A14 Bionic terbaru dari Apple dengan CPU tipe Hexa-core. Performa smartphone iPhone ini juga terasa semakin maksimal berkat dukungan RAM sebesar 6 GB yang menjamin kenyamanan saat melakukan multitasking.

iPhone ini hadir dengan kapasitas memori internal 128 GB, 256 GB, dan 512 GB. iPhone 12 Pro hadir dengan kisaran harga 18 Juta Rupiah.

iPhone 12 Mini

iPhone 12 Mini bisa dibilang merupakan seri iPhone 12 termurah yang ditawarkan oleh Apple. Diluncurkan pada bulan November 2020, iPhone 12 Mini ini mengusung sejumlah perbedaan.

Perbedaan yang pertama terletak pada ukuran iPhone yang lebih kecil dibandingkan 3 seri iPhone 12 lainnya. Layar dari iPhone ini juga paling kecil, yaitu hanya sekitar 5.4 inch saja. Namun, dari segi resolusi, iPhone ini tetap menawarkan kualitas visual yang terbaik dari tipe layar Super Retina XDR OLED.

Dari segi dapur pacu pun, iPhone ini memiliki spesifikasi yang kurang lebih sama dengan seri iPhone 12 yang lain. Untuk kapasitas baterai, iPhone 12 Mini ini hadir dengan baterai Li-Ion bertenaga 2227 mAh.

iPhone ini didukung dengan fitur dual-camera yang masing-masing memiliki resolusi 12 MP. iPhone 12 Mini juga mengusung lensa kamera beresolusi 12 MP untuk kamera depannya. iPhone 12 Mini ini dibandrol di kisaran harga 16 jutaan saja 

iPhone SE (2020)

iPhone SE (2020) merupakan versi pembaharuan dari iPhone SE yang sempat diluncurkan oleh Apple pada tahun 2016. Tentunya, hp iPhone tersebut juga memiliki sejumlah peningkatan spesifikasi dan fitur-fitur. iPhone SE (2020) diluncurkan secara resmi oleh Apple di bulan April tahun 2020.

Perangkat smartphone ini mengusung layar Retina IPS LCD seluas 4.7 inch dengan resolusi 750 x 1334 pixel. Tampilan visual layar terlihat sangat memuaskan, terutama dengan adanya fitur wide color gamut dan True-Tone. Dukungan chipset Apple A13 Bionic dengan prosesor Hexa-core menjamin performa mesin smartphone ini berjalan secara maksimal. Dukungan RAM seluas 3 GB memungkinkan Anda untuk mengakses beberapa aplikasi ringan hingga sedang secara bersamaan.

Untuk menyimpan berbagai macam aplikasi maupun berbagai file musik, gambar, dan video, Anda dapat memanfaatkan 3 variasi memori internal yang dimiliki iPhone ini. iPhone SE (2020) ini mengusung memori internal dengan variasi 64 GB, 128 GB, dan 256 GB.

Sedangkan untuk kapasitas baterai, iPhone SE (2020) ini memiliki baterai bertenaga 1821 mAh. Pengisian daya baterai pada perangkat smartphone ini juga lebih cepat berkat adanya dukungan fitur Fast Charging 18W. Dengan fitur pengisian daya cepat ini, baterai smartphone akan terisi penuh dalam jangka waktu yang singkat.

Perangkat smartphone iPhone ini memiliki harga yang tergolong sangat terjangkau. iPhone SE (2020) ini bisa dibawa ke rumah dengan kisaran harga 6 jutaan saja. 

Jadi mengapa Anda sebaiknya memilih iPhone sebagai smartphone pilihan. Ini alasan dan faktanya:

Fitur Keamanan iPhone Sangat Canggih

Setiap pengguna smartphone pastilah menginginkan data yang tersimpan di dalam perangkat tersebut terjamin keamanannya. Untuk keamanan perangkat, iPhone akan menjawab segala kebutuhan.

Apple menerapkan sistem keamanan yang sangat ketat untuk perangkat iPhone. Anda memang tidak dapat menginstall aplikasi di luar iOS Store ataupun melakukan rooting. Namun, di saat yang sama hal tersebut justru sangatlah menguntungkan. Karena, perangkat iPhone Anda juga jadi terhindar dari risiko terkena malware atau virus yang biasa didapatkan jika perlu mengunduh aplikasi smartphone sembarangan.

iPhone Aman dari Aplikasi Bloatware

Salah satu hal yang membuat banyak pengguna smartphone merasa risih adalah adanya beberapa aplikasi bloatware pada smartphone Android. Aplikasi bloatware merupakan aplikasi bawaan dari pabrik yang umumnya memiliki fungsi tertentu. Namun, kebanyakan aplikasi ini tidak terlalu dibutuhkan. Sehingga, yang ada justru mengakibatkan memori menjadi lebih cepat penuh. Hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda menggunakan iPhone. iPhone dikenal sebagai smartphone yang tidak menyertakan aplikasi bloatware dalam bentuk apapun. Jika Anda membutuhkan aplikasi atau widget tertentu, maka dapat langsung mengunduhnya lewat iOS Store. Ini tentunya memberikan keuntungan tersendiri bagi pelanggan. Karena, Anda jadi tidak harus repot-repot menghapus aplikasi bloatware yang ada pada perangkat smartphone saat pertama kali membelinya. iPhone sering melakukan update. Hal lain yang menjadi alasan banyak orang rela menabung untuk memiliki iPhone adalah karena Apple sangat rutin melakukan update. Tentu saja, ini menjadi salah satu aspek yang wajib Anda pertimbangkan. Dengan mendapatkan update secara berkala, maka keamanan perangkat akan semakin terjamin. Apple memang sering melakukan update untuk membantu mencegah peretas data membobol data yang tersimpan di dalam smartphone Anda. Selain itu, update pada perangkat iPhone juga memungkinkan Anda untuk menikmati berbagai macam fitur terbaru. Desain iPhone Kokoh dan Tahan Banting Keunggulan lainnya yang dimiliki perangkat iPhone adalah desainnya yang kokoh. Hal ini tentunya cukup mengejutkan. Apalagi, karena selama ini desain yang elegan selalu terlihat rapuh dan mudah patah. Namun, hal tersebut dipatahkan oleh iPhone. Hp dari Apple ini memang terlihat sangat elegan dan mewah berkat sentuhan kaca yang melapisi casing . Namun, banyak sekali seri iPhone yang menggunakan kaca Corning Gorilla Glass yang menjamin perangkat tersebut tidak akan pecah atau tergores walaupun tidak sengaja terjatuh dari genggaman Anda. Kebanyakan produk iPhone juga sudah mengantongi sertifikat IP68 yang menandakan iPhone memiliki perlindungan terhadap air dan debu.***