logo

SL IPDMIP Ajak Petani Banyuasin Cek Kesuburan Tanah

SL IPDMIP Ajak Petani Banyuasin Cek Kesuburan Tanah

25 November 2020 06:49 WIB
Penulis : Syamsudin Walad

SuaraKarya.id - BANYUASIN: Para petani di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, mendapatkan pengetahuan mengenai cek kesuburan lahan. Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Sekolah Lapang IPDMIP.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi, mengatakan Sekolah Lapang IPDMIP harus diikuti dengan serius.

"Karena, kegiatan Sekolah Lapang yang digelar IPDMIP memiliki banyak materi yang bisa diserap dan dan implementasikan ke lapangan," ujar Dedi Nursyamsi.

Dedi Nursyamsi menambahkan, Sekolah Lapang IPDMIP memberikan banyak ilmu dan pengetahuan buat petani.

"SL IPDMIP memberikan pengetahuan tentang pertanian cerdas iklim, juga cara mengecek kesuburan tanah, dan semua sangat bermanfaat buat petani," katanya.

Kegiatan cek kesuburan tanah yang merupakan bagian Sekolah Lapang IPDMIP, dilakukab di Daerah Irigasi (DI) Rambutan yang meliputi Desa Tanjung Kerang, Parit, Baru, dan Durian Gadis. Kegiatan ini juga diikuti oleh PPL dan Staf Pendamping IPDMIP, juga petani poktan.

Cek kesuburan tanah merupakan tindak lanjut dari pelatihan IPDMIP. DI Rambutan dan DI Sebalik sendiri mendapat bantuan alat PUTR yang pernah diberikan oleh Kementan dalam program IPDMIP.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan tujuan IPDMIP sangat patut didukung.

"IPDMIP memiliki tujuan untuk meningkatkan produktivitas dan meningkatkan kesejahteraan petani. Itulah alasan IPDMIP harus didukung," katanya.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto