logo

Liga Inggris: Tottenham Paksa Manchester City Pulang Tangan Kosong

Liga Inggris: Tottenham Paksa Manchester City Pulang Tangan Kosong

Foto: Istimewa.
22 November 2020 05:15 WIB
Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - JAKARTA: Tim asuhan Jose Mourinho Tottenham Hotspur memaksa tamunya Manchester City pulang dengan tangan kosong dari London. Hal ini menyusul kekalahan yang dialami tim asuhan Pep Guardiola 0 – 2 pada lanjutan kompetisi Liga Premier Inggris pekan kesembilan, Minggu (22/11/2020).

Kemenangan ini sekaligus membawa Hotspur menanjak ke puncak klasemen dengan 20 poin, menggeser Chelsea yang sempat memimpin klasemen sementara beberapa jam saja sebelum Hotspur menuntaskan laga melawan City.

Gol-gol Hotspur dicetak oleh pemain asal Korea Son Heung-min dan Giovani Lo Celso. Kemenangan ini sekaligus memastikan Tottenham memperpanjang catatan gemilang empat kemenangan beruntun atas City sejak Februari 2019.

Dikutip dari laman resmi Liga Inggris, Tottenham yang kini memiliki catatan tak pernah kalah terpanjang di Liga Inggris dalam delapan pertandingan beruntun. Sedangkan City (12) yang menelan kekalahan keduanya musim ini tertahan di urutan ke-10 klasemen.

Son membuka keunggulan Tottenham hanya lima menit setelah pertandingan dimulai. Ia dengan mudah memperdaya kiper Ederson Moraes setelah menerima umpan jauh kiriman Tanguy Ndombele.

Gol itu membuat penyerang Korea Selatan tersebut kini bercokol sendiri di pucuk daftar top skor Liga Inggris dengan koleksi sembilan gol.

Empat menit sesudahnya Son mengirim umpan tarik yang bisa diselesaikan ke dalam gawang oleh Harry Kane, tetapi gol itu dianulir karena hakim garis sudah mengangkat bendera pertanda offside. Pada menit ke-28, Aymeric Laporte terlanjur melakukan selebrasi setelah menyontek bola sodoran Gabriel Jesus dan mengira berhasil menyamakan kedudukan.

Namun, gol itu dianulir setelah wasit Mike Dean meninjau tayangan ulang VAR dan menemukan fakta bahwa bola terlebih dulu mengenai lengan Jesus dalam proses serangan.

City kesulitan untuk mencari gol penyama kedudukan dan gawang mereka malah kembali jebol pada menit ke-65 oleh Lo Celso yang baru saja masuk menggantikan Ndombele dan melepaskan tembakan keras menyelesaikan umpan sodoran Kane demi menggandakan keunggulan Tottenham.

Di pertandingan pekan ke-10, City akan main pada Sabtu (28/11/2020) menjamu Burnley di Etihad, sedangkan Tottenham baru tampil sehari berselang bertandang ke Stamford Bridge menghadapi Chelsea. ***