logo

Vaksin Adalah Zat Biologis, Perlakuannya Harus Hati-hati

Vaksin  Adalah  Zat Biologis, Perlakuannya Harus Hati-hati

Foto:Istimewa
01 November 2020 04:24 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - SORONG: Guru Besar Universitas Indonesia (UI), Prof. Dr. Sri Rezeki.S. Hadinegoro, mengatakan, vaksin  adalah  zat biologis. Maka, perlakuannya juga  harus hati-hati karena suhunya tertentu, lalu penyimpanannya  baik  tidak sembarangan distribusi serta  tertata baik.

“ Ingat jangan sampai  menyamakan fungsi  vaksin  dan vaksinasi. Karena di antara kedua kata itu berbeda fungsinya,”kata Prof. Sri  kepada wartawan  pada acara sosialisasi  ‘’Vaksinasi Untuk Negeri ‘’ yang digelar Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional  (KPCPEN) dan Kementerian Komunikasi  dan Informasi (Kominfo), Sabtu (31/10/2020).

Vaksin  mengandung zat biologi  sebagai antigen  dari virus dan spesifik. Sedangkan  vaksinasi adalah tindakan memberikan atau memasukkan vaksin ke tubuh untuk merangsang sistem imun.

Ia, juga mengimbau masyarakat  agar mengikuti anjuran  pemerintah  untuk divaksinasi. Karena dengan begitu, upaya pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 yang kian  meluas dapat terlaksana.

Mencuci tangan, menjaga jarak dan pakai masker (3 M) adalah hal  terpenting untuk mencegah penyebaran  Covid-19. 

Dikatakan Prof. Sri Rezeki,  virus itu ( Covid-19) tak hanya disebarkan oleh manusia. Tapi, juga  pegangan kunci, pintu rumah, pintu pagar, lif, meja dan lainnya memberikan  andil besar  sebagai media  penyebaran  virus mematikan itu.

“Karena itu, cuci tangan paling utama apalagi bepergian ke tempat-tempat umum yang tidak mengutamakan  jaga jarak. Ini paling berpotensi  untuk penyebaran  virus  corona,”kata Prof. Sri.  ***