logo

Dispora DKI Buka Kran Fasilitas Olahraga Indoor Untuk Pelatda PON

Dispora DKI Buka Kran Fasilitas Olahraga Indoor Untuk Pelatda PON

GOR Sepatu Roda di Sunter Jakarta Utara sudah bisa digunakan oleh atlet Perserosi DKI Jakarta dalam persiapan PON XX/Papua. (Foto: Istimewa).
18 Oktober 2020 07:16 WIB
Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - JAKARTA: Kepada Dinas Peluda Dan Olahraga (Kadispora) DKI Jakarta Achmad Firdaus membuka kran fasilitas olahraga indoor untuk digunakan oleh atlet Pelatda PON DKI Jakarta. Selain itu, fasilitas outdoor berupa lapangan terbuka dan Gelanggang Remaja juga dapat digunakan selama PSBB Masa Transisi.

Hal ini diungkapkan Achmad Firdaus dalam rapat virtual dengan Ketua Umum KONI Provinsi DKI Jakarta, baru-baru ini. Namun Kadispora menegaskan penggunaan fasilitas indoor harus dengan protokol kesehatan yang ketat tanpa penonton.

Dikatakan, fasilitas olahraga luar ruangan (outdoor) beroperasi mulai pukul 05.00 sampai dengan pukul 21.00, sedangkan dalam ruangan (indoor) beroperasi mulai 06.00 sampai 21.00.

"PSBB transisi kali ini fasilitas olahraga indoor kita buka juga, sebelumnya tidak. Tapi dengan prokes yang ketat," ungkap Firdaus, Kamis (16/10/2020).

Firdaus menjelaskan, salah satu alasan dibukanya fasilitas olahraga indoor yaitu mendukung kesiapan atlet-atlet binaan sehubungan dengan penyelenggaran atau event olahraga yang akan berlangsung.

"Seperti contohnya PON, maka kami perlu mengadakan pelatihan-pelatihan yang menggunakan fasilitas indoor. Selama ini mereka latihan fisik saja, oleh karena itu untuk latihan yang sifatnya kontak fisik atlet bisa tapi kita payungi dengan aturan dan ketentuan prokes yang ketat," urai Firdaus.

"Harus ada minimal hasil rapid testnya. Khusus untuk atlet kita koordinasikan dengan Dinas Kesehatan. Apalagi kalau ada swab lebih bagus. Supaya aman dan jangan fasilitas olahraga menjadi klaster baru," lanjut Firdaus.

Ketua Umum KONI Provinsi DKI Jakarta Djamhuron P Wibowo menyambut baik dibukanya kran prnggunaan fasilitas olahraga yang dikelola Pengrov DKI Jakarta. Dengan demikian latihan yang selama ini dilakukan atlet secara mandiri sudah dapat dilakukan dengan arahan pelatih langsung di lapangan.

“Terima kasih Pak Kadispora telah membolehkan penggunaan fasilitas latihan untuk atlet Pelatda PON DKI Jakarta. Dengan demikian persiapan menuju PON XX/2021 Papua bisa berjalan dengan baik di bawah arahan pelatih langsung,” kata Djamhuron pada rapat virtual yang juga diikuti oleh empat wakil Ketua Umum, Sekum, bendahara, dan pengurus KONI DKI lainnya bersama jajaran Kadispora. ***

Editor : Markon Piliang