logo

Liga Spanyol: Gol Penalti  Bikin Barcelona Menyerah Kepada Getafe

Liga Spanyol: Gol Penalti  Bikin Barcelona Menyerah Kepada Getafe

Lionel Messi tak berkutik di kandang Getafe. (Foto: Istimewa).
18 Oktober 2020 05:02 WIB
Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - JAKARTA: Kendati masih diperkuat maha bintang Lionel Messi, Barcelona tidak berhasil membawa angka pulang dari kandang Getafe. Messi dan kawan-kawan menyerah 0 – 1 kepada tuan rumah lewat gol dari titik putih yang dilesakkan Jaime Mata.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Coliseum Alfonso Perez, Sabtu waktu setempat atau Minggu (18/10/2020) dini hari WIB tersebut tidak banyak peluang yang tercipta. Tim racikan pelatih baru Ronald Koeman masih mencari-cari bentuk permainan terbaiknya.

Kemenangan ini membuat Getafe naik ke peringkat kedua klasemen sementara Laliga Spanyol dengan koleksi 10 poin.  Sedangkan Barcelona (7) yang menelan kekalahan perdananya musim ini melorot ke urutan kesembilan.

Ronald Koeman menjawab kritik yang dilontarkan Antoine Griezmann dengan memainkan penyerang Prancis itu pada posisi penyerang lubang. Namun Griezmann tak mampu melunasi sesumbarnya ketika dia malah melepaskan tembakan melambung di atas mistar gawang kendati sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper David Soria setelah menerima umpan terobosan manis dari Frenkie de Jong pada menit ke-30.

Sepuluh menit sebelumnya, Lionel Messi melepakskan tendangan bagus yang sudah bisa menaklukkan Soria tetapi bola membentur tiang gawang.

Penampilan sabar Getafe berusaha membongkar celah pertahanan Barcelona terbayar ketika De Jong dianggap melanggar Djene Dakonam di area terlarang dan wasit Cesar Soto Grado segera menunjuk titik putih.

Kesempatan itu dimanfaatkan sempurna oleh Mata yang memperdaya kiper pelapis Barcelona Neto untuk membawa Getafe memimpin pada menit ke-56.

Koeman lalu memasukkan Ansu Fati dan Philippe Coutinho, masing-masing untuk Ousmane Dembele dan Pedri.

Fati hampir membayar kepercayaan itu tetapi pada menit ke-79 peluangnya dimentahkan oleh Soria ketika sudah berhadapan  satu lawan satu dan ketika dia menyambar bola muntah, bendera hakim garis sudah terangkat menandakan remaja Spanyol itu sudah berada dalam posisi offside.

Keasyikan menyerang, lini belakang Barcelona mulai kecolongan dan pada menit ke-83 Cucho Hernandez hampir membunuh pertandingan lebih awal jika tembakannya tak ditepis oleh Neto.

Enam menit kemudian, Hernandez kembali mendapat peluang dari serangan balik, tetapi kali ini pemain Kolombia itu malah mengulangi penyelesaian Griezmann dengan melepaskan tembakan melambung tinggi di atas mistar gawang.

Hernandez bisa saja menyesali kegagalan itu jika pada injury time sundulan Dakonam menghalau umpan silang Barcelona terkonversi meniadi bunuh diri, beruntung bola masih membentur mistar gawang dan Getafe memastikan kemenangan tipis mereka, demikian dikutip dari Antaranews. ***