logo

Penegak Hukum Masih Rentan Dengan Covid-19

Penegak Hukum Masih Rentan Dengan Covid-19

KPK
17 Oktober 2020 19:43 WIB
Penulis : Wilmar Pasaribu

SuaraKarya.id - JAKARTA: Penegak hukum mulai dari penyelidik, penyidik, penuntut umum, hakim ternyata rentan juga dengan penularan covid-19. Tiga dari lima pengadilan negeri di DKI sudah pernah di-lockdown. Bahkan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat sudah untuk kedua kalinya di-lockdown akibat adanya hakim, panitera pengganti dan pegawai positif covid-19.

Kejaksaan Negeri pun demikian. Seorang jaksa dari Kejari Jakarta Utara meninggal karena covid. Kendati tidak sampai dilockdown, kantor itu pun sempat melakukan protokol kesehatan super ketat menghindari bertambahnya korban.

Ternyata tidak hanya di pengadilan dan kejari pandemic covid-19 menakutkan. Di lingkungan KPK pun menuntut kewaspadaan. Saat ini sedikitnya 122 orang terkonfirmasi positif covid-19. Hal itu diakui Plt Jubir  KPK Ali Fikri. "Sebagaimana informasi yang kami terima hingga saat ini bahwa pengawai dan pihak-pihak terkait lainnya yang terkonfirmasi positif covid-19 tercatat 122," kata Ali Fikri di Jakarta, Sabtu (17/10/2020).

Ali merinci setidaknya 83 pegawai KPK teridentifikasi positif covid-19. Sebanyak 38 pihak terkait terdeteksi positif terinfeksi virus SARS-CoV-2. Terdapat satu orang meninggal meskipun diagnosa akhir diindetifikasi non-covid.

Ali menyebukan, empat orang masih dalam perawatan terdiri dari dua pegawai KPK yang tengah melakukan isolasi mandiri di rumah. Sementara dua orang pihak terkait atau tahanan KPK sedang menjalani perawatan masing-masing di Rumah Sakit Angkatan Darat, Jakarta Pusat dan RS Polri Jakarta Timur. Sedangkan 177 orang dinyatakan sembuh dari covid-19. Rinciannya 81 orang pegawai KPK dan 36 orang pihak terkait.

Guna mencegah penularan covid-19 di lingkungan KPK, lembaga antirasuah itu pun melakukan penyemprotan disenfektan di sekitaran gedung area KPK secara berkesinambungan. "Penyemprotan dilakukan di Gedung ACLC, Gedung MP KPK, Rutan K4 dan Rutan Pomdam Jaya Guntur," kata Ali. Dia berharap kesadaran semua pihak yang bersinggungan dengan KPK terus ditingkatkan agar musuh bersama covid-19 dapat segera menghilang.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto