logo

Ruas Jalan Tol Manado Terintegrasi Dengan Kawasan Strategis

Ruas Jalan Tol Manado Terintegrasi Dengan Kawasan Strategis

Foto: Antara
30 September 2020 09:01 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - MANADO:  Presiden Joko Widodo saat meresmikan ruas Manado-Danowudu, tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara secara daring, Selasa (29/9), menyebutkan pembangunan tol ini terintegrasi dengan kawasan strategis.

"Tol ini dirancang terintegrasi dengan kawasan industri, kawasan pariwisata sehingga akan mempercepat akses, lebih mudah dijangkau, lebih cepat dikenal dan lebih mudah dikembangkan," kata Presiden Jokowi.

Dibangunnya tol terpanjang di Sulawesi itu akan menekan biaya logistik dari pelabuhan internasional Bitung, lebih efisien serta daya saing meningkat.

Selain itu, kata dia, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung juga dapat dikembangkan menjadi lebih maju.

"Menjadi tugas gubernur untuk menarik investor sebanyak-banyaknya ke KEK," kata Presiden.

Tol Manado-Bitung juga akan memudahkan akses menuju kawasan strategis pariwisata Manado, Bitung, Likupang maupun Pulau Lembeh sehingga mudah dijangkau.

"Kita berharap pariwisata Sulut bisa berkembang lebih baik lagi setelah pandemi berakhir," katanya.

Presiden optimistis tersambungnya tol dengan kawasan perekonomian akan menarik investasi, menumbuhkan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, sehingga dampaknya Sulut akan semakin berkembang.

"Saya lihat Sulut memiliki banyak potensi ekonomi yang harus terus dikembangkan seperti industri perikanan di Bitung, ada sektor pertanian, sektor perkebunan dan banyak destinasi pariwisata," sebut Presiden.

Pengembangan sektor-sektor tersebut memerlukan dukungan infrastruktur, di antaranya jalan tol Manado-Bitung. (Antara)

Editor : Dwi Putro Agus Asianto