logo

Manchester City Dihancurkan Leicester Lima Gol

Manchester City Dihancurkan Leicester Lima Gol

Jamie Vardy mencetak hattrick ke gawang Manchester City. (Foto: Istimewa).
28 September 2020 05:03 WIB
Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - JAKARTA: Tampil tanpa dua striker andalan Gabriel Jesus dan Sergio Aguero, Manchester City seperti Macan ompong. Bermain di kandang sendiri anak asuh Pep Guardiola dihancurkan Leicester 5 – 2.

Di kubu Leiscester, hanya tiga pemain yang mencetak lima gol ke gawang City. Jamie Vardy mencetak Hattrick sementara dua gol lainnya dihasilkan James Maddison serta Youri Tielemans. Hasil ini membuat Leicester bertengger di puncak klasemen sementara Liga Premier Inggris hingga pekan ketiga dengan nilai 9.

Bagi City ini adalah kekalahan terburuk di kandang sejak ditukangi Pep Guardiola. Terakhir kekalahan serupa dialami sudah cukup lama, yakni Februari 2003 saat melawan Arsenal.

Tanpa Gabriel Jesus dan Sergio Aguero yang masih bergelut dengan cedera membuat City kehilangan ketajaman ketika Raheem Sterling terlihat tidak nyaman dengan posisi sendirian di depan, sebaliknya pertahanan yang lemah tak mampu membendung serangan cepat nan maut dari Leicester.

Kendati demikian City terlihat mengendalikan permainan setelah tendangan voli Riyad Mahrez ke gawang bekas timnya itu membawa tuan rumah unggul pada menit keempat. Saat itu Leicester jarang bisa menembus separuh lapangannya sendiri pada saat-saat awal pertandingan.
Mahrez melepaskan tendangan yang tak bisa dihentikan penjaga gawang Kasper Schmeichel setelah tim tamu gagal menyapu tendangan penjuru. Namun Vardy membalikkan pertandingan ini dari dua tendangan penalti dan sebuah finis dari belakang tumit.

Sang striker menyarangkan tendangan penalti pertama ke sudut atas kanan gawang pada menit ke-37 setelah dia dilanggar Kyle Walker dan membawa Leicester balik memimpin pada menit ke-54 setelah melepaskan tendangan rendah yang meneruskan umpan Timothy Castagne dari sektor kanan.

Vardy menuntaskan hattrick-nya empat menit kemudian dari tendangan penalti kedua  setelah memasukkan bola ke sudut bawah kiri gawang  setelah Eric Garcia menjatuhkan dia di kotak penalti.

Pemain pengganti Maddison mengubah kedudukan menjadi 4-1 ketika dia melepaskan tendangan melengkung yang ciamik dari jarak 20 meter ke sudut atas kiri gawang sebelum bek tengah Nathan Ake membawa City memperkecil kedudukan lewat sundulannya.
Setelah Vardy dipapah keluar lapangan karena mengalami cedera hamstring pada menit-menit terakhir, Tielemans mengonversi penalti ketiga Leicester dalam menit ke-88 untuk menyegel kemenangan meyakinkan tim tamu.

Kekalahan ini mengakhiri perjalanan 11 pertandingan tanpa kalah City di liga sejak musim lalu, selain juga menjadi kekalahan pertama mereka dalam pertandingan pembukanya sejak kalah 1-2 melawan Southampton pada 1989, demikian dikutip Antaranews dari Reuters. ***