logo

Calon Wali Kota Depok Idris Galang Dukungan Dari Kalangan Buruh

Calon Wali Kota Depok Idris Galang Dukungan Dari Kalangan Buruh

Calon Wali Kota Depok Mohammad Idris dan para buruh
27 September 2020 22:50 WIB
Penulis : Windrarto

SuaraKarya.id - DEPOK: Calon Wali Kota Depok Mohammad Idris memanfaatkan masa kampanye di hari kedua, pada Minggu (27/9/2020), dengan menemui berbagai elemen masyarakat. Salah satunya kalangan buruh.

Keberadaan buruh memang tidak bisa diabaikan mengingat jumlah mereka yang signifikan sehingga suara mereka sangat potensial untuk dapat memenangi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Depok tahun 2020.

Seperti dikatakan Ketua Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia Wido Pratikno. Ditemui seusai deklarasi buruh relawan pasangan Mohammad Idris – Imam Budi Hartono, dia menuturkan bahwa jumlah buruh di Kota Depok, Jawa Barat, sebanyak 50 ribu hingga 60 ribu orang.

Idris sebagai petahana, tuturnya, telah memberi perhatian kepada para buruh di periode pertamanya sebagai Wali Kota Depok. Salah satunya, kata Wido, upah minimum regional (UMR) yang ideal sehingga para pekerja meningkat kesejahteraannya.

Hal tersebut, ucapnya, menjadi penilaian di kalangan buruh untuk mendukung Idris.  “Saya tidak muluk-muluk sebanyak 70 hingga 80 persen dari jumlah buruh akan kita serap,” kata Wido yang di acara itu selaku Ketua Deklarasi Buruh Relawan Idris-Imam.

Sementara itu Mohammad Idris menyambut baik dukungan dari para buruh. Selama ini, ujarnya, dia selalu menjembatani kepentingan pengusaha yang berhimpun dalam Apindo dengan para buruh yang brrhimpun dalam SPSI.

“Saya selalu mengagendakan rapat rutin setiap bulan dengan mereka agar setiap permasalahan yang timbul di lapangan, biasanya tentang UMR, bisa langsung dicarikan solusinya,” ujarnya.

Dalam pertemuan rutin, tuturnya, juga dibahas program pembangunan ekonomi dan perburuhan yang ada dalam RPJMD.

Idris menuturkan bahwa dia berupaya agar UMR naik setiap tahun untuk meningkatkan kesejahteraan buruh.***

Editor : Gungde Ariwangsa SH