logo

Ekspor Langsung Manado Ke Jepang Hemat Logistik 50 Persen

Ekspor  Langsung Manado Ke Jepang  Hemat Logistik 50 Persen

Foto:Antara
27 September 2020 18:41 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - MANADO:  Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara Cerah Bangun mengatakan pembukaan ekspor langsung Manado-Jepang dapat menghemat biaya logistik hingga 50 persen.

"Dengan adanya penerbangan kargo langsung yang mengkoneksikan Jakarta-Manado-Tokyo itu memberi banyak keuntungan," kata Cerah di Manado, Sabtu seperti dilansir Antara

Ia mengatakan pengiriman langsung dapat membuat biaya semakin efisien, apalagi beban biaya logistik nasional saat ini sangat besar hingga 26 persen dari PDB.

Selain itu, penerbangan langsung ini dapat membuat mutu ekspor, terutama untuk komoditas perikanan, dapat terjamin karena waktu tempuh yang lebih cepat.

Jika sebelumnya pengiriman via Jakarta atau Bali membutuhkan waktu 24-30 jam, kini adanya penerbangan langsung telah mempersingkat waktu hingga 5-6 jam.

"Semakin singkat waktunya, semakin baik kualitas ikannya sehingga harganya tinggi," jelas Cerah.

Menurut dia, manfaat lainnya ialah adanya kepastian slot kargo sehingga komoditas pasti terkirim dan mampu membantu perekonomian nelayan serta UMKM bidang perikanan.

Untuk itu, Cerah mengharapkan pengiriman perdana ini akan berlanjut dengan volume ekspor yang lebih besar dengan jenis komoditas kian beragam.

"Kita dorong diversifikasi produk. Paling bagus jika dikirim sudah diolah, nilai ekonominya bertambah," katanya.

Saat ini, BC Sulbagtara telah memberikan kemudahan kepada pelaku ekspor komoditas hasil perikanan dan eksportir lain berupa pembebasan bea keluar.

"Kedepan kami akan fasilitasi UMKM dan nelayan yang bisa mendapatkan pembiayaan dari bank dan lembaga keuangan lainnya," katanya

Pemberian insentif itu, jelas Cerah, tujuannya semata mendorong ekspor hasil perikanan dari Sulut dan daerah sekitarnya.

Editor : Dwi Putro Agus Asianto