logo

Festival Kota Lama Semarang Dikemas Secara Virtual

 Festival Kota Lama Semarang Dikemas Secara Virtual

Salah satu sudut Kota Lama Semarang. (Foto: Istimewa)
17 September 2020 13:33 WIB
Penulis : Pudyo Saptono

SuaraKarya.id - SEMARANG: Untuk mencegah persebaran Covid-19 sebagaimana imbauan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, maka pelaksanaan Festival Kota Lama (FKL) Semarang tahun 2020 bakal dikemas secara virtual.

Kegiatan ini semula akan dihelat secara offline tanggal 17-27 September 2020. Dengan konsep virtual, maka FKL 2020 bertema “Kuna, Kini, Nanti” ini akan dimulai Jumat (18/9/2020) mulai pukul 19.00 WIB. Acara utama berupa konser disiarkan langsung melalui kanal Youtube Mahkota Enterprise.

Menurut Ketua Panitia FKL 2020, Yeru Salimianto, FKL tetap berlangsung hanya saja dalam kemasan virtual. Acara ini fokus pada live streaming concert, yang digelar di area Parkir New PRPP Semarang.

“Kami mendukung upaya pencegahan penyebaran Covid-19 sebagaimana imbauan Gubernur. Karenya kegiatan virtual yang fokus pada Live streaming concert menjadi solusi terbaik. FKL 2020 tetap berlangsung, namun pencegahan Covid-19 tetap dilaksanakan,” katanya dalam press rilis, Kamis (17/9/2020).

Disebutkan, untuk rangkaian kegiatan FKL 2020 seperti Pasar Sentiling atau Walking Tour Kota Lama, akan dihelat manakala kondisi sudah kondusif.

Keputusan menggelar FKL secara virtual, diakui telah dikonsultasikan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Sebelumnya, Gubernur Ganjar Pranowo menyoroti penyelenggaraan FKL 2020. Dan menginstruksikan, kegiatan dialihkan konsepnya menjadi virtual.

“Sampai sekarang saya masih dimintai masukan atas sejumlah event, salah satunya Festival Kota Lama. Kalau memang bisa dilakukan secara virtual, silakan jalan. Tapi kalau masih ada pengumpulan massa, tidak boleh,” kata Ganjar saat menjadi inspektur upacara Gelar Operasi Yustisi Penegakan Protokol Kesehatan di Balai Kota Semarang, Rabu (16/9/2020).

Penanggung jawab Live in Concert FKL 2020, Indra Suryajaya, menjelaskan event konser FKL akan menampilkan Trie Utami berkolaborasi dengan Artsen Quatro, Marcel Yudaperwira, Tirang Community dance, Surya Orchestea, dan masih banyak lagi.

“Kelak konser disiarkan langsung melalui akun Youtube Mahkota Enterprise. Kami didukung dengan siaran langsung dari akun Youtube milik Pemprov Jateng dan Pemkot Semarang,” jelasnya.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto