logo

Danone Indonesia Rangkul Anak Muda Kreatif, Adaptif Hadapi Tantangan Saat Pandemi

Danone Indonesia Rangkul Anak Muda Kreatif, Adaptif Hadapi Tantangan Saat Pandemi

Corinne Tap, Presiden Direktur PT Tirta Investama (Danone-Aqua). (Foto: Istimewa).
16 September 2020 09:41 WIB
Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - JAKARTA: Pandemi Covid-19 dan mulai berlakunya adaptasi kebiasaan baru telah membawa konsekuensi bagi berbagai sektor industri di Indonesia. Hal ini membuat para top management, selaku pembuat keputusan di setiap perusahaan, dituntut untuk mampu cepat beradaptasi dalam menjawab tantangan bisnis melalui langkah-langkah yang tepat. Kapasitas pengambilan keputusan tersebut diperoleh melalui berbagai pengalaman profesional selama bertahun-tahun dan diharapkan generasi muda Indonesia yang berusia produktif sedini mungkin dapat memiliki kemampuan tersebut untuk beradaptasi dan menjawab permasalahan secara efektif di dunia kerja.

Menyadari pentingnya generasi muda Indonesia yang masuk ke dalam usia produktif untuk memiliki kemampuan menghadapi segala situasi secara cepat dan tepat; khususnya di dunia kerja yang akan mereka hadapi di masa yang akan datang, Danone Indonesia bersama dengan Kampus Update, sebuah platform digital yang menyediakan informasi dan pelatihan terkait edukasi dan karir, menyelenggarakan sesi webinar pada Senin (14/9/2020) dengan tajuk “How Does Top Management Navigate Challenges During Pandemic” yang diikuti lebih dari 500 peserta.

Pada kesempatan tersebut, Corine Tap, Presiden Direktur PT Tirta Investama (Danone-AQUA), menjelaskan, “Pandemi secara signifikan mengubah kondisi kita dalam bekerja. Berbagai tantangan dalam kegiatan operasional terus bermunculan saat ini, tentunya protokol kesehatan yang ketat dalam mengawal bisnis tetap menjadi prioritas utama dalam rangka menjaga kesehatan dan keselamatan seluruh karyawan. Danone-AQUA, sebagai perusahaan FMCG pertama yang bersertifikasi B Corp di Indonesia, sangat menyadari perubahan-perubahan tersebut dan kami terus mengembangkan berbagai solusi yang dinamis. Melalui hal ini, kami berharap bahwa generasi muda di masa depan yang nantinya akan terjun ke dunia kerja dan menjadi pemimpin di masa, dapat terus beradaptasi untuk menghadapi tantangan yang tidak terduga sedini mungkin. Kami sangat senang dapat bertemu dengan banyak talenta muda yang akan menjadi pemimpin masa depan.”

Merespon kondisi pandemi yang sangat dinamis seperti saat ini, dunia kerja juga dituntut untuk mampu bertransformasi agar dapat selaras dengan kebutuhan masyarakat luas dan menjawab berbagai tantangan yang ada. Danone-AQUA, sebagai pelopor Air Minum dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia menerapkan berbagai inisiatif seperti kebijakan fleksibilitas karyawan untuk bekerja di rumah, membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat untuk meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan cara kreatif, serta bantuan berupa donasi secara langsung ke berbagai fasiitas kesehatan yang tersebar di Indonesia.
 
“Kita tidak bisa memprediksi masa depan. Namun, berkaca pada situasi saat ini, salah satu kemampuan yang wajib dikuasai oleh generasi muda ialah kemampuan kepemimpinan yang situasional dan kemampuan beradaptasi di masa sulit. Hal tersebut dimulai dari kepemimpinan dalam membaca situasi, merespon keadaan yang kompleks dan tidak pasti, perubahan cara kerja baru, maupun menjalankan kemitraan untuk membawa dampak positif,” tambah Corine.

Terkait , Corine juga menjelaskan bahwa, “Hal penting yang harus di ingat oleh generasi muda saat ini adalah rasa ingin tahu yang besar dan kemauan untuk terus belajar. Yang terpenting bukanlah posisi apa yang kita pegang, tetapi bagaimana posisi kita mampu memberikan dampak positif kepada masyarakat luas dan bagaimana kita bisa belajar dari kesalahan yang pernah kita lakukan sebelumnya. Hal tersebut dapat menjadi pengalaman terbaik untuk menyelesaikan berbagai tantangan yang dapat bermunculan kapan saja.”

Berangkat dari landasan tersebut, saat ini Danone Indonesia kembali membuka proses seleksi Management Trainee, Danone MT STAR 2021, yang dibuka sejak 1-15 September 2020. Program ini terbuka bagi lulusan sarjana atau magister yang memiliki pengalaman kerja kurang dari 2 tahun. Informasi lebih lanjut mengenai Danone MT STAR 2021 dapat diakses melalui www.dancommunity.co.id/id/mt-star atau @dancommunityid di jejaring media sosial Facebook, Twitter, dan Instagram.

“Danone-AQUA akan terus mengalirkan kebaikan dengan melibatkan generasi muda untuk terus membangun dampak positif melalui produk hidrasi berkualitas serta melakukan edukasi mengenai kesehatan dan keberlanjutan alam kepada lebih banyak masyarakat. Maka dari itu, mari kita bersama-sama meraih sukses dan membawa kebaikan untuk sesama,” tutup Corine. ***

Editor : Markon Piliang