logo

Pemprov Jatim Dukung Program #TerusUsaha Grab Untuk UMKM

Pemprov Jatim Dukung Program #TerusUsaha Grab Untuk UMKM

18 Agustus 2020 13:42 WIB
Penulis : Andira

SuaraKarya.id - SURABAYA: Perusahaan aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara, Grab meluncurkan program #TerusUsaha di Jawa Timur. Event yang merupakan rangkaian solusi komprehensif untuk percepatan digitalisasi jutaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ini langsung direspon positif oleh Pemprov Jatim.

Menurut Head of East Indonesia Grab Indonesia, Halim Wijaya, program #TerusUsaha merupakan komitmen Grab guna mendukung ketahanan dan percepatan digitalisasi UMKM. ”Program #TerusUsaha sejalan dengan komitmen jangka panjang GrabForGood untuk membawa lebih banyak dampak positif dari teknologi untuk membantu UMKM lebih siap menyambut era tatanan kehidupan baru," ujarnya dalam webinar, Selasa (18/8/2020).

Pihaknya optimis, solusi digitalisasi yang dihadirkan ini akan memberi kontribusi besar bagi perekonomian daerah dan penciptaan lapangan kerja. Berkembangnya UMKM diyakini akan membawa dampak yang baik untuk kehidupan masyarakat yang ada di sekitarnya.

Sementara, Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak, menyambut positif peluncuran Program #TerusUsaha di Jawa Timur tersebut. Program ini diharapkan bisa semakin memajukan UMKM, yang dalam waktu dekat akan mendapatkan dukungan dari pemerintah berupa pembiayaan.

Dari total 12 juta UMKM yang akan dikucuri dana produktif tersebut, pihaknya berupaya agar 1 juta dari 8-9 juta UMKM yang ada di Jatim, mendapatkan dukungan pembiayaan tersebut. "Saya mengajak seluruh UMKM Jawa Timur terutama yang mendapat bantuan dari pemerintah itu nantinya, untuk ikut program #TerusUsaha dan bersama menyongsong ekonomi digital bersama Grab," ujarnya.

Menurut Halim, program ini dihadirkan untuk mendukung #BanggaBuatanIndonesia milik pemerintah dalam melatih serta meningkatkan daya saing UMKM guna menghadapi ekonomi digital. Program ini mencakup pemberian iklan gratis bagi ribuan UMKM Surabaya, aplikasi untuk digitalisasi bisnis dan individu yang kehilangan pekerjaan melalui GrabMerchant dan GrabKios, serta sebuah portal khusus bagi UMKM agar bisa belajar dan mencari inspirasi.

Grab juga bekerja sama dengan pemerintah di berbagai kota Jawa Timur untuk memberikan pelatihan dan teknologi untuk persiapkan UMKM lokal dan pedagang tradisional masuk dalam ekonomi digital.

Data Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, menyebut di wilayah ini terdapat lebih dari 6,8 juta UMKM yang tersebar di 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur. Dari jumlah tersebut,  95% di antaranya merupakan usaha berskala mikro.

Usaha-usaha di Jawa Timur itu sudah mampu menyerap hingga 11 juta tenaga kerja. Temuan Riset Center for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara juga mengungkapkan bahwa pekerja lepas dan UMKM yang didukung teknologi Grab berkontribusi sebesar Rp8,9 triliun bagi perekonomian Surabaya pada tahun 2018 dan riset terbaru pada 2020.

Fakta itu menunjukkan bahwa 23% responden mengaku bisa membuka lapangan pekerjaan bagi lebih banyak orang saat bisnisnya berkembang. Hal ini menandakan bahwa digitalisasi menjadi sangat penting dalam membantu para UMKM untuk bangkit guna menjaga ketahanan ekonomi dan lapangan kerja, khususnya memasuki era new normal ini.***

Editor : Markon Piliang