logo

PMI Solo Ajari Membuat Sabun Untuk Komunitas Pasar Gede

PMI Solo Ajari Membuat Sabun Untuk Komunitas Pasar Gede

PMI Solo mengajari membuat sabun untuk komunitas Pasar Gede
08 Agustus 2020 22:00 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Palang Merah Indonesia (PMI) Solo terus mensosialisasikan protokol kesehatan di tengah pandemi virus Covid-19. Salah satunya dengan mengajari membuat sabun sendiri untuk komunitas di Pasar Gede Solo, Jawa Tengah, Sabtu (8/8/2020).

Menurut CEO PMI Solo, Sumartono Hadinoto, PMI terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya di pasar-pasar.

"Ini sangat urgent karena masyarakat membeli bahan-bahan kebutuhan sehari-hari ini ke pasar,  jadi kami mengajarkan untuk membuat sabun dan selalu cuci tangan yang betul dengan mengunakan sabun," jelasnya.

Menurut Sumartono, sejak awal pandemik sampai hari ini PMI terus berkomitmen melakukan hal-hal yang dapat membantu masyarakat. Saat ini, garda terdepan adalah masyarakat dan apa yang harus dilakukan garda terdepan untuk pandemik ini agar segera berlalu adalah dengan mencuci tangan dengan menggunakan sabun, memakai masker dan menjaga jarak.

"Kalau masyarakat tidak melakukan hal-hal seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan ini akan berakibat pandemik ini tidak akan selesai-selesai," jelasnya lagi.

Sumartono berharap sekecil apapun itu, PMI terus berkontribusi nyata agar pandemik segera berlalu dari Solo khususnya dan Indonesia.

"Sampai hari ini PMI terus berbagi hand sanitzer maupun sabun karena memang ini hal yang paling pas untuk menunjang agar segera berakhirnya pandemik," katanya.

Kegiatan mengajari membuat sabun di Pasar Gede tersebut PMI berkoordinasi dengan semua relawan Sibat. Pembuatan sabun inipun jadi sebuah masukan yang sangat berharga dari relawan.

"Sebagai permulaan kami memilih Pasar Gede, pertama karena pasar ini salah satu pasar yang cukup besar, menjadi jujukan waga untuk belanja dan di tengah kota. Nanti kita sambil monitor kalau memang diperlukan nanti semua pasar kami lakukan karena kebetulan PMI dipercaya masyarakat Solo," katanya lagi.

Selain mengajari membuat sabun untuk komunitas di Pasar Gede, PMI Solo juga melakukan penyemprotam disinfektan di Pasar Gede. ***

Editor : Markon Piliang