logo

Pengawal Konstitusi Kembali Gelar Persidangan

Pengawal Konstitusi Kembali Gelar Persidangan

MK
08 Agustus 2020 19:24 WIB
Penulis : Wilmar Pasaribu

SuaraKarya.id - JAKARTA: Mahkamah Konstitusi (MK) kembali menggelar sidang mulai Senin, 10 Agustus 2020. Sebelumnya, MK menunda sementara sidang sejak 27 Juli.

"Jadwal persidangan akan dibuka lagi pada 10 Agustus," tulis MK dalam pengumumannya pada Jumat (7/8/2020).

MK menunda sidang karena setiap sudut ruangan disemprot disinfektan. Penundaan sidang tersebut merupakan yang kedua kali di tengah pandemi virus corona. MK pertama kali menunda sidang pada 17 Maret hingga 28 April saat pertama kali imbauan kerja di rumah disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Juru bicara MK, Fajar Laksono, mengatakan selama 2 pekan penundaan sidang tersebut pihaknya secara berkala mengecek kesehatan hakim dan pegawai.  "Sidang ditunda untuk pengecekan kesehatan berkala seluruh hakim dan pegawai MK, serta evaluasi penegakan protokol kesehatan Covid-19 di MK," ujar Fajar.

Jubir lembaga pengawal konstitusi itu mengungkapkan Fajar, evaluasi protokol kesehatan perlu dilakukan lantaran beberapa pegawai institusi/lembaga yang gedungnya berdekatan dengan MK positif corona. Diketahui gedung yang bersebelahan dengan MK ialah RRI. Kala itu, RRI telah menyatakan 3 karyawannya positif corona.

Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat pun sempat dilockdown akibat pegawai di sana tertular virus corona. Dikabarkan tidak hanya seorang saja tetapi mencapai tiga orang. Maka sejak hal itu diketahui, seluruh aktivitas di peradilan tingkat pertama itu distop sementara. Hampir setiap sudut ruangan PN Jakarta Barat kemudian disemprot disinfektan. Dilakukan juga pengecekan kesehatan hakim, panitera dan pegawai pengadilan setempat.

Editor : Gungde Ariwangsa SH