logo

Pemain Timnas Indonesia Antusias Jalani Latihan Perdana

Pemain Timnas Indonesia Antusias Jalani Latihan Perdana

07 Agustus 2020 23:46 WIB
Penulis : Azhari Nasution

SuaraKarya.id - JAKARTA : Sebanyak 29 pemain Tim Nasional (Timnas) senior dan 46 pemain Timnas U 19 antusias menjalani latihan perdananya, dengan Shin Tae-yong sebagai komandonya, Jumat (7/8/2020) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Tadinya, mereka sudah berkumpul sejak 23 Juli 2020 di Hotel Fairmont, Jakarta, akan mengikuti pemusatan latihan ini yang rencananya berlangsung hingga 8 Agustus 2020.  Menurut salah satu punggawa Timnas Senior, Nadeo Argawinata, pemusatan latihan ini sudah sangat ditunggu-tunggu olehnya dan juga teman-teman yang lain. “Saya sangat antusias menjalani latihan hari ini, mungkin karena ini adalah pemusatan latihan yang kami nantikan sejak mulai dikumpulkan. Tentu ini menjadi awal baik bagi kedua tim,” tuturnya.

Sejalan dengan ‘adiknya’ Beckham Putra Nugraha di tim nasional U-19. Dia juga mengungkapkan perasaan dan juga persiapannya menjelang pemusatan latihan perdana kali ini.

“Saya dan teman-teman yang lain merasa sangat senang bisa kembali latihan, setelah hampir 15 hari tidak latihan di lapangan. Tentu berbeda antara latihan mandiri di rumah dengan di lapangan rumput. Jadi saya lebih bisa menikmatinya. Persiapan saya lebih ke menjaga fisik dan kebugaran sebaik mungkin. Tak lupa juga mental, terutama kesehatan,” ungkapnya.

Beckham juga harus beradaptasi dengan kebiasaan baru ditengah-tengah pandemi Covid-19 yang dialami oleh Indonesia dan juga dunia saat ini. “Dengan kondisi pandemi Covid-19 sekarang, tentu saya juga harus mengikuti protokol kesehatan. Memakai masker, membawa hand sanitizer menjaga kebersihan, karena virus corona ini kalau kita hidup kotor, kemungkinan bisa terkena, jadi saya harus membiasakan hidup bersih,” ceritanya.

Pemain kelahiran Bandung, 18 tahun silam ini juga berpesan kepada pecinta sepak bola di Indonesia. “Saya berpesan untuk kita semua supaya bisa tetap menjaga kebersihan dan kesehatan diri, karena semuanya itu dimulai dari diri kita sendiri. Kalau bukan kita, siapa lagi?. Indonesia bisa dan harus terbebas dari virus Covid-19,” tutupnya.

Bagi timnas Indonesia, TC ini sebagai persiapan menghadapi tiga pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tiga laga tersebut, yakni melawan tuan rumah Thailand (8/10/2020), menjamu Uni Emirat Arab (13/10/2020), dan tandang ke Vietnam (12/11/2020).

Sedangkan timnas U-19 digembleng di TC ini untuk mengikuti Piala AFC U-19 2020 yang akan berlangsung 14 hingga 31 Oktober mendatang di Uzbekistan. Garuda Muda berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran. ***

Editor : Gungde Ariwangsa SH