logo

Lembah Nirwana, Surga Dunia Di Kaki Gunung Ungaran

Lembah Nirwana, Surga Dunia Di Kaki Gunung Ungaran

Lembah Nirwana di Sumowono Kendal, destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam sekaligus ajang edukasi wisatawan. (istimewa)
06 Agustus 2020 06:13 WIB
Penulis : B Sadono Priyo

SuaraKarya.id - KENDAL: Ungaran sudah dikenal sebagi tempat wisata pegunungan yang menyuguhkan keindahan sekaligus kesejukan yang sangat cocok untuk melepas penat. Selain indah dengan pemandangan alamnya  Ungaran juga sangat subur sehingga  cocok untuk kegiatan bercocok tanam. Perpaduan ini  dikenal dengan agrowisata yang saat ini menjadi tren wisata yang  kian  diburu wisatawan. Wisata yang memanfaatkan potensi pertanian secara langsung, tidak saja memberdayakan masyarakat setempat, tapi juga sebagai ajang edukasi bagi pengunjung yang menginginkan  wisata alternatif.

Salah satu wisata agro yang cukup diminati di Jawa Tengah,  yaitu Lembah Nirwana, di Desa Gondang, Limbangan, Kendal, Jateng.  Destinasi wisata seluas 8.000 m2 di Jalan Limbangan Raya Km 8 ini mengedepankan agrotourism sebagai ujung tombaknya.

Destinasi yang dikelola bersama Pokdarwis (Kelompok sadar wisata) Desa Gondang, menampilkan beragam pertanian di kaki gunung Ungaran,  mulai sayuran organik hingga beragam buah dan kebun alpokat. Juga ada hamparan bunga-bunga cantik warna warni yang menjadi spot yang sangat Instagramable.

Saat menuju Lembah Nirwana, pengunjung bakal menikmati jalan  berkelok cukup tajam yang penuh sensasi.Memasuki area lokasi Lembah Nirwana, mata pengunjung dimanjakan pesona dan panorama alam asri, pemandangan indah, taman bunga yang tertata apik  perpaduan Jawa klasik dan Eropa.

Ada kolam renang yang unik karena bersusun tiga, untuk dewasa, remaja dan anak anak. Air kolam renang diambil dari  gunung Ungaran sehingga airnya dingin dan tidak mengandung kaporit.

Di sore hari pengunjung dapat bersantai  di saung sambil menunggu indahnya sunset. Bagi yang ingin beristirahat, disediakan empat bungalow untuk tamu yang ingin menginap.

Kincir Angin

Salah satu spot foto yang menjadi favorit adalah kincir angin. Kincir angin dan bunga warna warni mengingatkan kita akan suasana di Belanda.  Di atas kincir angin pengunjung dapat menikmati indahnya hamparan hijau luas terbentang dengan pemandangan gunung Sindoro dan  Sumbing .Di sini kita dapat mensyukuri karunia Tuhan atas bumi Indonesia yang begitu indah.

Spot foto lain yang menantang adalah perahu pandang. Sebuah spot foto untuk berselfie yang tidak boleh terlewati.

Limbah Nirwana mempunyai Resto dan meeting hall  berupa pendopo yang cukup luas. Saat Suarakarya.id berkunjung akhir pekan lalu, puluhan pengunjung yang menamakan Komando Anak Kesatrian (KAK) tengah mengadakan kegiatan keakraban. Di pendopo  disediakan tempat untuk menyanyi, dengan iringan organ tunggal, serta tatap muka. Ruangannya memang dirancang untuk suasana keakraban bagi komunitas maupun korporasi yang hendak melepas penat.

Tempat wisata dalam keindahan balutan suasana sejuk ini juga menyediakan fasilitas untuk camping.  Tidur di tenda dengan suasana pegunungan memberikan sensasi tersendiri. Lembah Nirwana sangat recommended untuk acara keluarga maupun pertemuan komunitas atau perusahaan yang menyukai keindahan alam.

Pengelola Lembah Nirwana Sugiarto menjelaskan, obyek wisata ini  sempat ditutup untuk umum karena pandemi Covid - 19. Kini, tempat yang relatif baru ini telah kembali dibuka dan siap menyambut pengunjung yang mencintai kesegaran  serta keasrian alam