logo

Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Trilogi Terapkan Aplikasi Teknologi Koperasi Pamijahan

Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Trilogi Terapkan Aplikasi Teknologi Koperasi Pamijahan

05 Agustus 2020 23:23 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - BOGOR: Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Trilogi sukses melakukan lokakarya penguatan koperasi pada Koperasi Unit Desa (KUD) Kartini Mandiri Lestari di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Kegiatan lokakarya ini adalah bagian dari rangkaian tiga kegiatan yang dihelat selama 2 hari yaitu pada tanggal 15 dan 16 Juli 2020. Pada hari pertama dilaksanakan kegiatan pelatihan perencanaan keuangan serta pelatihan penyusunan laporan keuangan dan biaya produksi bagi UMKM yang tergabung dalam anggota Koperasi Kartini Mandiri Lestari.

“Koperasi sangat strategis dalam menumbuhkan perekonomian masyarakat khususnya bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan modal usaha, melalui skema pinjaman modal usaha yang diberikan olah Koperasi Unit Desa Kartini Mandiri Lestari yang bernama skema tabungan kredit pundi sejahtera atau yang disingkat dengan nama Taburpuja ini bisa menjangkau masyarakat yang tidak bankable tersebut sehingga mereka bisa membuka usaha” ujar Rizka Ramayanti yang waktu itu jadi narasumber kegiatan dan juga anggota Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Trilogi di Kampus Trilogi Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (5/8/2020)..

Sementara itu Hamidah Rahmah selaku Manager Umum Koperasi Kartini Mandiri Lestari mengatakan bahwa koperasi yang dikelola secara bersama di desanya itu tergolong beruntung karena mendapatkan dukungan secara optimal dari Yayasan Damandiri.

"Untuk mendirikan koperasi ini tidak mudah karena selain lokasi yang cukup jauh di Desa Pasarean juga masyarakat waktu itu sulit mendapatkan akses permodalan. Namun setelah koperasi berdiri banyak warga masyarakat desa yang tertolong dan mendapatkan manfaat cukup besar sehingga warga desa kami kini semakin produktif," tutur Hamidah.

Meski begitu, kata Hamidah dalam perjalanan pendirian koperasi ini, diakui masih banyak tantangan dan kendala yang dihadapi diantaranya adalah masih minimnya pengetahuan anggota koperasi dalam mengatur keuangan usahanya sehingga kerap kali modal usaha yang dipinjam dari koperasi habis untuk dikonsumsi menambal kebutuhan makan sehari-hari.

"Untuk itu kehadiran tim pengabdian masyarakat dari Universitas Trilogi ini sangat membantu kami dalam memberikan sosialisasi, edukasi, dan menyadarkan para pelaku usaha khususnya anggota koperasi agar bisa lebih memahami perencanaan keuangan serta penyusunan laporan keuangan dan perhitungan biaya produksi sehingga ke depan mereka dapat menjalankan usahanya dengan lebih baik lagi dan termantain secara teratur,” ungkapnya.

Pada hari kedua tim melanjutkan dengan kegiatan pelatihan aplikasi sistem informasi koperasi.

Menurut Rudi Setiawan yang didapuk sebagai narasumber dalam kegiatan ini sekaligus ketua tim pengabdian masyarakat menjelaskan bahwa permasalahan dalam KUD Mandiri Lestari adalah dalam hal administrasi keuangan di setiap kelompok yang masih dilakukan secara manual sehingga hal ini dapat menimbulkan beberapa permasalahan diantaranya kekeliruan dalam proses pencatatan transaksi dan lamanya waktu pelayanan dikarenakan petugas perlu melakukan pengecekan terhadap data transaksi setoran masing-masing anggota koperasi.

Rudi Setiawan mengusulkan perlunya memasukkan unsur penerapan teknologi untuk memermudah pekerjaan pengelolaan koperasi dengan solusi berupa penerapan aplikasi sistem administrasi koperasi yang juga merupakan produk luaran dari penelitian tim di tahun lalu.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Tim Universitas Trilogi ini adalah dalam rangkaian pelaksanaan hibah pengabdian masyarakat tahun pendanaan 2020 yang diberikan oleh Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset Inovasi Nasional (Ristekbrin) pada skema hibah Program Kemitraan Masyarakat dengan judul “Implementasi Sistem Administrasi Koperasi dan Upaya Peningkatan Layanan Pada Koperasi Kartini Mandiri Lestari Desa Pasarean Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Hamidah Rahmah kembali menegaskan banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan yang telah dilakukan oleh Tim Pengabdian Masyarakat dari Universitas Trilogi.

"Tentunya kami juga mengharapkan kegiatan semacam ini dapat terus terlaksana secara kontinyu dan berkelanjutan," ucap Hamidah.

Menurut Rudi Setiawan dan Rizka Ramayanti, kegiatan ini baru berjalan 60 persen saja, namun pencapaian tersebut menurutnya telah sesuai bahkan melampaui ekspektasi karena sejauh ini telah memiliki dampak perubahan yang dialami cukup signifikan oleh koperasi dan anggotanya***