logo

TNI Siap Bersinergi Dengan Kepolisian Amankan Pilkàda Di Maluku

TNI Siap Bersinergi Dengan Kepolisian Amankan Pilkàda Di Maluku

Foto: Antara
05 Agustus 2020 05:02 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - AMBON: Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayor Jenderal TNI Agus Rohman menyatakan siap bersinergi dengan jajaran Polda Maluku dalam mengamankan jalannya pelaksanaan pilkada serentak di empat kabupaten yang dijadwalkan berlangsung 9 Desember 2020.

"Untuk pilkada serentak yang terselenggara nanti, kami akan berusaha semaksimal mungkin dalam menuntaskan dan mengamankan pilkada di Maluku," kata Mayjen TNI Agus Rohman di Ambon, Selasa (4/8/2020) seperti dilansir Antara.

Penegasan Pangdam Pattimura ini disampaikan saat bersama sejumlah pejabat utama Kodam melakukan kunjungan ke Kapolda Maluku Inspektur Jenderal (Irjen) Pol Baharudin Djafar.

Kunjungan silaturahmi Pangdam beserta rombongan ke Polda Maluku ini sekaligus meminta masukan dari Kapolda dan menjalin sinergitas TNI-POLRI.

"Kami mengetahui di sini kerap terjadi konflik dan saya selaku panglima yang baru dalam pelaksanaan tugas, kita jangan lupa berserah kepada Allah SWT," tandasnya.

Selaku panglima yang baru juga meminta dari pejabat utama Kodam XVI/Pattimura harus sering bersinergi dalam bekerja sama untuk kenyamanan di "negri raja raja" ini, sehingga setiap ancaman yang sering terjadi dari luar maupun dari dalam daerah Maluku bisa diselesaikan.

Kapolda Irjen Pol Baharudin Djafar menyambut baik kedatangan Pangdam Pattimura beserta pejabat utama Kodam untuk hadir dalam kegiatan silaturahmi di Polda Maluku.

"Kurung waktu enam bulan bertugas, berbagai persoalan kamtibmas terjadi di wilayah hukum Polda Maluku ini di antaranya kejadian pertikaian antardesa dan masalah konflik vertikal maupun horizontal," jelas Kapolda.

Menyangkut perkembangan situasi di Maluku dalam menghadapi pilkada serentak nanti, Polda Maluku juga pernah membahas hal ini dengan Pangdam Pattimura sebelumnya, Mayjen TNI Marga Taufik.

"Untuk menyikapi serta mengamankan pilkada nanti, ada juga instanisi lain dalam hal ini Gakumdu yang melibatkan Kejakasaan Tinggi Maluku dan Bawaslu untuk kita bersama bergandengan tangan mengawal proses tahapan pilkada yang akan berlangsung," katanya.

Kapolda berharap kerja sama yang baik antara PJU Kodam XVI/Pattimura bersama PJU Polda Maluku terutama As OPS dan Karo OPS untuk saling berkoordinasi.

"Kami dari pihak TNI-Polri dalam pergerakan tugas dan operasional kedepannya sangat membutuhkan kinerja dan sinergitas yang baik dari dua satuan kerja ini," ucap Kapolda.

Untuk diketahui, Mayor Jenderal TNI Agus Rohman, sendiri dilantik menjadi Pangdam XVI/Pattimura menggantikan Mayjen TNI Marga Taufik. Upacara serah terima jabataan dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa di Mabes AD.

Editor : Dwi Putro Agus Asianto