logo

Tak Surut Pandemi Covid-19, SidoMuncul Tetap Beri Bantuan Penderita Kanker

Tak Surut Pandemi Covid-19, SidoMuncul Tetap Beri Bantuan Penderita Kanker

Direktur SidoMuncul, Irwan Hidayat didampingi Presiden Rotary Club of Semarang Bojong, Elenora Aprilia menyerahkan bantuan kepada Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKi) yang diterima Ketua YKAKi Semarang, Vita Mahaswari
31 Juli 2020 23:59 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - SEMARANG: Di masa pandemi Covid-19 bukan hanya masyarakat yang merasakan keprihatinan dan kesulitan mendalam. Penderita dan penyintas kanker pun ikut terpukul dengan beban kesulitan yang mereka hadapi. Tentu bantuan dari para dermawan tidak selancar saat virus Korona belum menghadang bumi.

Di tengah masa sulit ini, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk berusaha membantu apa saja yang bisa mereka bantu. Ini karena filosofi perusahaan yang telah dilegacy-kan para pendiri SidoMuncul telah menjadi jiwa generasi penerusnya.

"Dibalik kesulitan, pasti ada kemudahan. Tuhan selalu memberi berkat-Nya karena niat baik untuk saling menolong dan berbagi. Ini pula yang menjadi berkat bagi SidoMuncul kepada saudara-saudara penyintas kanker," ucap Irwan Hidayat saat mengunjungi dan memberikan bantuan kepada Yayasan YKAKi Semarang, Rabu (29/7/2020).

SidoMuncul memberikan bantuan kepada anak-anak penderita kanker melalui Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKi). Bantuan diserahkan langsung oleh Direktur SidoMuncul, Irwan Hidayat didampingi Presiden Rotary Club of Semarang Bojong, Elenora Aprilia kepada Ketua YKAKi Semarang, Vita Mahaswari di Yayasan YKAKi Semarang, Komplek PJKA, Jalan Kedung Jati No. 6, RT. 1 / RW. 7, Randusari, Semarang Selatan.

Irwan mengatakan bantuan yang diberikan SidoMuncul berupa 205 paket sembako, 20 karton produk Tolak Angin dan 20 karton produk Kapsul JSH Herbal. Selain itu, juga diberikan uang senilai Rp100 Juta untuk membantu pembayaran biaya sewa rumah singgah YKAKi di Semarang.

“Selain sembako dan produk SidoMuncul, kami juga memberikan uang Rp100 Juta. Semoga uang tersebut bisa digunakan untuk biaya sewa rumah singgah bagi anak-anak dan keluarga penderita kanker ini yang sampai Rp85 juta/tahun,"ungkap Irwan yang juga dikenal sebagai filantropi ini.

Terkait bantuan produk SidoMuncul, Irwan mengaku, khusus memberikan produk Tolak Angin dan Kapsul JSH Herbal di masa pandemi Covid-19. Pasalnya, kedua produk tersebut sangat bagus khasiatnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, khususnya bagi anak-anak penderita kanker.

“Tolak Angin dan Kapsul JSH bagus untuk daya tahan tubuh, untuk anak anak di sini (Rumah Singgah YKAKi-red),” tandas sulung dari 5 bersaudara generasi ketiga SidoMuncul.

Irwan memaparkan produk Tolak Angin sudah dibuktikan oleh sejumlah ahli dan peneliti ciamik mampu meningkatkan Sel-T yang penting untuk meningkatkan daya tahan. Penelitinya bahkan menganjurkan untuk konsumsi atau minum Tolak Angin 2×1 per hari, minimal 7 hari untuk menumbuhkan Sel-T.

“Tolak Angin secara ilmiah sudah terbukti bisa meningkatkan daya tahan tubuh, seperti hasil penelitian dari Prof. dr. Edi Dharmana, M.Sc., Ph.D, Sp, peneliti senior dari FK Undip.,” jelas Influencer ini.

Dia menjelaskan Tolak Angin merupakan produk herbal yang telah dilakukan Uji Khasiat atau Uji Manfaat pada tahun 2007 oleh Lembaga Penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang, di bawah pimpinan Prof. dr. Edi Dharmana. Hasilnya, minum Tolak Angin dua sachet dalam sehari setiap hari terbukti meningkatkan sel-T secara umum (bakteri, kuman, dan virus) yang merupakan indikator daya tahan tubuh.

Sedangkan untuk Kapsul JSH Herbal yang ditemukan oleh Sofjan Hidajat, tak lain adalah adik kandungnya, lanjut Irwan, sangat cocok juga untuk mereka yang memiliki penyakit, seperti para penderita kanker ini. Dari penelitian, penderita kanker memiliki kandungan asam yang tinggi dalam tubuhnya, sehingga membutuhkan alkali.

“Nah, Kapsul JSH ini memiliki kandungan alkali yang tinggi, yang bagus dikonsumsi mereka yang memiliki penyakit dalam tubuhnya. Ini bahkan sudah ada testimoninya dari para penderita Covid-19, yang dinyatakan negatif setelah rutin mengkonsumsi Kapsul JSH,” ungkap Irwan.

Dalam kesempatan tersebut, Rotary Club of Semarang Bojong juga turut andil memberikan bantuan kepada YKAKi. Bantuan yang diserahkan berupa masker, tepung, susu, biskuit, hand sanitizer, minyak telon, face field dan lain-lain. Presiden Rotary Club of Semarang Bojong, Elenora Aprilia menuturkan, bantuan dari Rotary Club of Semarang Bojong ini juga merupakan hasil kolaborasi dengan SidoMuncul yang disesuaikan dengan kebutuhan yayasan.

Ketua YKAKi Semarang, Vita Mahaswari menyampaikan apresiasi tinggi dan terima kasihnya atas kepedulian SidoMuncul dan Rotary Club of Semarang Bojong. Vita mengaku, saat ini ada sekitar 205 anak penderita kanker yang masih memanfaatkan rumah singgah YKAKi dari berbagai daerah di Jawa Tengah yang berobat di RS Dr Kariadi yang merupakan rumah sakit besar milik pemerintah yang berada di Semarang.

“Untuk saat ini sendiri ada 4 anak yang ada di rumah singgah yang tengah rutin menjalani pengobatan di Rumah Sakit Kariadi, dan 3 anak lainnya masih dirawat di rumah sakit,” jelas Vita.

Menurut Vita, penderita kanker yang dibantu YKAKi rata-rata berusia antara 0-18 tahun. Namun, mayoritas masih balita, dengan jenis penyakit kanker tulang, kanker mata, kanker ginjal, dan lain-lain***