logo

F1 GP Inggris: Stroll Tercepat Di Latihan Kedua, Perez Kena Covid-19

F1 GP Inggris: Stroll Tercepat Di Latihan Kedua, Perez Kena Covid-19

Stroll menduduki puncak papan pemimpin dalam latihan kedua di depan Red Bull Albon dan Bottas dari Mercedes
31 Juli 2020 23:55 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - LONDON: Alexander Albon mengalami kecelakaan parah  dengan  Red Bull-nya ketika pebalap Racing Point Lance Stroll menjadi yang tercepat  dalam latihan kedua balapan mobil formula one (F1) Grand Prix Inggris. Bintang tuan rumah Lewis Hamilton dan rekan satu timnya di Mercedes, 'Valtteri Bottas hanya berada di urutan tiga dan kelima.

Dalam latihan yang berlangsung Jumat (31/7/2020) itu,  Albon sudah berada di posisi tercepat kedua, 0,090 detik di belakang Stroll.  Tetapi dia menabrak Stowe.

Albon memiliki insinyur balap baru ketika Red Bull mencoba membantu pengemudi yang tidak berpengalaman mengatasi mobil yang sulit.

Kecelakaan Anglo-Thailand itu merupakan  yang kesekian kalinya ia atau rekan satu timnya Max Verstappen kehilangan bagian belakang mobil mereka di pertengahan musim ini saat tim bertempur dengan masalah ketidakstabilan aerodinamik dengan desain baru mereka.

Red Bull membawa mantan insinyur Daniel Ricciardo, Simon Rennie kembali ke tim balap untuk mencoba membantu Albon keluar dan pemain berusia 24 tahun itu tampak seperti dia dalam kondisi yang layak sebelum kecelakaan.

Rekan setimnya Max Verstappen baru berada di urutan 14, setelah diblokir oleh pembalap Haas Romain Grosjean pada satu-satunya di atas ban lunak, tetapi tampaknya memiliki kecepatan yang sama dengan Bottas pada ban sedang dalam jangka panjang.

Hamilton, berpisah dari rekan setimnya oleh pembalap Ferrari Charles Leclerc di urutan keempat, terlihat sangat cepat pada balapan simulasi di sesi berikutnya, tetapi tim menjalankan program yang berbeda pada waktu yang berbeda sehingga sulit untuk membandingkannya seakurat normal.

Rekan setim Leclerc, Sebastian Vettel mengalami hari yang sulit, melewatkan hampir semua sesi pertama dengan masalah intercooler dan kemudian ditunda di sesi kedua karena kebutuhan untuk mengganti pedalnya setelah dia mengeluh ada sesuatu yang longgar di kokpit. Dia berakhir di urutan ke-18.

Suhu sangat tinggi di Silverstone pada hari Jumat, mencapai 35C selama sore hari. Tetapi kondisinya diperkirakan akan jauh lebih sejuk selama akhir pekan, yang berarti waktu dari Jumat sangat tidak representatif.

Tetapi waktu Stroll menggarisbawahi kemunculan Racing Point sebagai pesaing dekat ke depan tahun ini, di mobil yang telah dijuluki 'pink Mercedes' sebagai tim mengakui menyalin mobil tahun lalu yang memenangkan gelar dunia.

Di belakang lima besar, pembalap McLaren Carlos Sainz berada di urutan keenam, di atas Nico Hulkenberg, yang menggantikan  Sergio Perez di Racing Point setelah pebalap Meksiko itu dinyatakan positif terpapar virus corona. Perez mengatakan dia tidak menunjukkan gejala tetapi diminta mengisolasi  diri dan mungkin melewatkan Grand Prix Ulang Tahun ke-70 pekan depan, kembali lagi di Silverstone.

Hulkenberg terbang ke Silverstone pada Kamis malam setelah hasil tes Perez dan menghabiskan malam itu mempelajari mobil dan memiliki kursi yang pas. Dia kemudian dikonfirmasi hanya beberapa menit sebelum sesi pertama di pagi hari ketika tes coronavirus-nya kembali negatif.

Pierre Gasly dari Toro Rosso berada di urutan kedelapan, di atas Daniel Ricciardo dari Renault, keduanya menjalankan suku cadang baru di mobil mereka.

Rekan setim Sainz Lando Norris berada di urutan ke 11 tercepat, lebih dari 0,3 detik di belakang pembalap Spanyol, sementara George Russell menempatkan Williams di urutan ke 17 tercepat. ***