logo

KPK Usut Pihak Ketiga Bantu Bawa Lari Nurhadi

KPK Usut Pihak Ketiga Bantu Bawa Lari Nurhadi

tersangka Nurhadi
12 Juli 2020 20:41 WIB
Penulis : Wilmar Pasaribu

SuaraKarya.id - JAKARTA: Ada dugaan kuat keterlibatan sejumlah pihak membantu tersangka suap dan gratifikasi  eks Sekretaris Mahkamah Agung (MA), Nurhadi dan menantunya, Rezky Herbiyono, saat melarikan diri. Oleh karena itu, penyidik KPK mendalaminya secara serius. Sebab, terbuka kemungkinan pihak yang membantu itu menjadi tersangka pula.

Salah satu yang disebut-sebut membantu berinisial TCI, seorang karyawan swasta. Plt Jubir KPK, Ali Fikri, mengakui pihaknya ada menduga TCI sempat membawa kabur pihak-pihak yang membantu Nurhadi.

 "Penyidik telah mengkonfirmasi terkait dengan adanya dugaan perbuatan saksi yang membawa kabur pihak-pihak yang mengetahui perbuatan para tersangka sehingga dilakukan pengejaran oleh KPK sampai ke Bali," ungkap Ali. Penyidik juga menelusuri dugaan pemberian uang dari saksi Charli Paris Hutagaol (security) kepada Nurhadi.

Sementara Komisaris PT Multitrans Logistic Indonesia Hengky Soenjoto yang dijadwalkan menjalani pemerikasaan, mangkir pemeriksaan. Hengky diketahui merupakan saudara laki-laki Hiendra Soenjoto (buron), Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (MIT), yang menjadi penyuap Nurhadi.

Hingga saat ini, Hiendra yang buron KPK  masih berada di Indonesia. Belum ada indikasi pengusaha itu dapat meloloskan diri ke luar negeri.  Sementara Nurhadi dan Rezky telah ditahan setelah sebelumnya buron selama hampir empat bulan.

Editor : Dwi Putro Agus Asianto