logo

Penumpang Pesawat Di Bandara Adi Soemarmo Solo Mulai Meningkat

Penumpang Pesawat Di Bandara Adi Soemarmo Solo Mulai Meningkat

Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo
10 Juli 2020 21:24 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah, mulai menunjukkan peningkatan jumlah penumpang. Baik penumpang yang datang maupun yang berangkat melalui Bandara Adi Soemarmo Solo.

"Pada bulan Juni dan Juli ini jumlah penumpang kisaran 50 sampai 100 pax," jelas General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Yani Ajat Hermawan, Jumat (10/7/2020).

Maskapai penerbangan yang beroperasi di Bandara Adi Soemarmo Solo adalah Garuda dengan rute Cengkareng-Solo-Cengkareng, Citilink rute Halimperdanakusuma-Solo-Halimperdanakusuma, Batik Air rute Cengakareng-Solo-Cengkareng dan Nam Air rute Pontianak-Solo-Pontianak.

Lebih lanjut Yani mengatakan dengan meningkatnya jumlah penumpang di Bandara Adi Soemarmo Solo, protokol kesehatan semakin ditingkatkan. Protokol kesehatan yang diterapkan itu seperti pengecekan dokumen, pengecekan suhu tubuh, penyiapan hand sanitizer serta pembersihan secara intens dan berkala dengan disinfektan.

"Kami juga mewajibkan para petugas untuk menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) mulai dari kacamata pelindung (goggles), masker, dan sarung," jelasnya lagi.

Protokol kesehatan new normal tersebut merupakan komitmen untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh calon penumpang dan pengguna jasa di Bandara Adi Soemarmo. Untuk mengantisipasi penularan virus Covid-19, pihak bandara juga menyediakan pelayanan Rapid Test di Terminal Bandara dengan biaya Rp150.000.

Yani menegaskan Bandara Adi Soemarmo telah siap untuk menerapkan prosedur pelayanan kepada penumpang yang akan melakukan perjalanan melalui Terminal Bandara Adi Soemarmo.

"Hal ini tidak terlepas dari protokol kesehatan yang mengatur secara detail mengenai prosedur dan persyaratan yang dibutuhkan bagi calon penumpang yang ingin melakukan perjalanan domestik dan internasional," paparnya.

Penerapan protokol kesehatan tersebut tidak hanya berlaku bagi penumpang tapi juga bagi mitra usah dan seluruh personil yang bertugas di bandara. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto