logo

Antisipasi Pelanggaran Dalam Pilkada, Bawaslu Solo Buat Posko Pengaduan

Antisipasi Pelanggaran Dalam Pilkada, Bawaslu Solo Buat Posko Pengaduan

Kantor Bawaslu Kota Solo
09 Juli 2020 14:47 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Solo, Jawa Tengah mulai membuat posko pengaduan untuk pelaksanaan Pilkada 2020. Lima posko pengaduan itu berada di lima kecamatan.

Menurut Ketua Bawaslu Kota Solo, Budi Wahyono, Kamis (9/7/2020), pembuatan posko tersebut untuk mengantisipasi adanya pelanggaran selama berlangsungnya tahapan Pilkada Kota Solo.

"Beberapa tahapan dalam Pilkada sudah berlangsung jadi untuk mengantispasi pelanggaran kami membuat posko pengaduan," jelasnya.

Tahapan Pilkada yang saat ini tengah berlangsung diantaranya pelaksanaan verifikasi faktual (verfak) berkas syarat dukungan bakal calon perseorangan, Cawali dan Cawawali, Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo). Serta pemuktahiran data pemilih atau pencocokan dan penelitian (Coklit).

"Posko pengaduan ada di setiap kantor Panwascam yakni di Kecamatan Laweyan, Serengan, Jebres, Pasar Kliwon dan Banjarsari," jelasnya lagi.

Melalui posko pengaduan itu, masyarakat akan lebih mudah melaporkan aduan terkait Pilkada Solo. Hal ini sebagai upaya dalam pelibatan masyarakat dalam pengawasan tahapan Pilkada.

"Harapannya masyarakat ikut aktif mengawasi tahapan Pilkada di Solo. Kedewasaan masyarakat sangat diperlukan untuk mengawasi jalannya Pilkada," katanya.

Budi juga menambahkan, pihaknya tetap memberlakukan protokol kesehatan Covid-19 di posko pengaduan tersebut. Petugas yang berjaga menggunakan masker, face shield, hand sanitizer, dan sarung tangan. ***

Editor : Markon Piliang