logo

Gempa Jepara Terasa hingga Purwokerto, Rumah Warga Gentengnya Berjatuhan

Gempa Jepara Terasa hingga Purwokerto,  Rumah Warga Gentengnya  Berjatuhan

Sebagian rumah warga gentengnya berjatuhan di Purwokerto akibat diguncang gempa di Jepara, Jawa Tengah, Selasa (7/7/2020).
07 Juli 2020 12:45 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - SEMARANG:  Gempa berkekuatan 6.1 magnitudo yang mengguncang Jepara, Selasa (7/7/2020) pagi menjelang siang terasa hingga wilayah Purwokerto, Jawa Tengah. Indah Daryati, warga Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Purwokerto Selatan mengatakan, getaran gempa sangat terasa dengan durasi sekitar satu menit.

"Tadi terasa banget getarannya, sampai anak saya yang tidur di lantai atas terbangun dan melompat dari tempat tidur," kata Indah, Selasa.

Ia menuturkan, getaran yang kuat juga mengakibatkan kaca jendela rumahnya bergetar, banyak rumah warga gentengnya berjatuhan digoyang getaran.

"Cukup lama saya dengar getaran kaca, pas anak saya melompat dari tempat tidur," ujar Indah.

Hal senada juga disampaikan Aprilia, warga Desa Kedungrandu, Kecamatan Patikraja. "Getarannya di rumah terasa banget. Lampu gantung juga bergoyang," kata Aprilia  warga yang lain melalui pesan singkat.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, pusat gempa berada di 53 kilometer barat laut Jepara. Pusat gempa terletak di lepas pantai, berkedalaman 578 kilometer.

Gempa ini dipastikan tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Editor : Gungde Ariwangsa SH