logo

Korban Tewas Protes Kematian Penyanyi Di Ethiopia Melonjak Jadi 156 Orang

Korban Tewas Protes Kematian Penyanyi Di Ethiopia Melonjak Jadi 156 Orang

Foto: Istimewa
06 Juli 2020 11:23 WIB
Penulis : Dwi Putro Agus Asianto

SuaraKarya.id - ADDIS ABABA: Jumlah korban tewas dalam protes atas kematian penyanyi ternama di Ethiopia melonjak menjadi 156 dari sebelumnya berjumlah 80, kata pejabat keamanan senior setempat kepada Reuters

 Minggu (6/7/2020) dan kemudian dilansir Antara. 

Aksi protes tersebut merupakan buntut dari kematian musisi Haacaaluu Hundeessaa pada Senin malam (29/6) dan menyebar dari Addis Ababa hingga ke seluruh kawasan Oromia.

Jibril Mohammed, kepala Biro Keamanan dan Perdamaian Oromia, mengatakan angka 156 adalah mereka yang tewas di kawasan Oromia saja, yang paling parah terdampak aksi protes.

Menurut dia,  korban tewas lebih banyak mungkin  dilaporkan terkait  jumlah korban luka yang dirawat di rumah sakit. Sekitar 145 korban tewas merupakan warga sipil sementara 11 lainnya merupakan personel keamanan, lanjutnya. 

Lagu-lagu yang dilantunkan Haacaaluu menjadi lagu tema bagi demonstran generasi muda yang selama tiga tahun berada dalam periode protes di jalanan yang puncaknya adalah pengunduran diri perdana menteri--juga generasi yang menikmati kebebasan politik.

Haacaaluu dimakamkan pada Kamis (2/6/2020). ***